Inilah Solusi Atasi Pengdangkalan Alur Muara Versi Dinas Perikanan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran menilai ada beberapa faktor penyebab pendangkalan alur muara Pelabuhan Perikanan Nusantara

Inilah Solusi Atasi Pengdangkalan Alur Muara Versi Dinas Perikanan
Bangkapos/Nurhayati
Ahmad Sapran 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran menilai ada beberapa faktor penyebab pendangkalan alur muara Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Air Kantung Sungailiat.

Pertama faktor alam ketika musim timur dan tenggara pasir di bawa arus akhirnya menyebabkan sendimentasi.

Kedua adanya Tambang Inkonvensional (TI) di hulunya yang berkontribusi untuk sendimentasi sehingga menyebabkan terjadi pendangkalan.

Ketiga adanya operasional kapal isap di muara pelabuhan sehingga menyebabkab terjadi pendangkalan.

Keempat adanya ponton-ponton apung yang mencuci pasir tah di muara pelabuhan.

"Solusinya satu hentikan TI di hulu sungai, hentikan juga kapal isap di muara itu kemudian hentikan juga ponton-ponton yang nyuci pasir timah di alur pelabuhan, " tegas Sapran.

Ia menyarakan bangun breakwater sepanjang 500 meter menjorong ke laut di kiri dan kanan. Bangun juga talud juga sepanjang 1.600 meter di kiri dan kanan sampai ke
TPI lama.

"Dikeruk lagi alurnya didalami. Bangun juga sendimen trap di mulut pintu masuk pelabuhan untuk merangkap pasir. Jadi buat lobang yang dalam. Itu solusinya," jelas Sapran.

Dia tidak bisa memastikan kapan bisa terealisi karena anggarannya tergantung pada pemerintah pusat. Bisa melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Sumber Daya Air maupun melalui Menko Maritim.

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved