BangkaPos/

Semuanya Normal, tapi Kok Sulit Hamil? Bisa Jadi Inilah 10 Penyebabnya

Jika Anda dan pasangan sudah memantapkan keputusan untuk hamil dan punya anak, pelajari dulu beberapa kesalahan umum penyebab sulit hamil.

Semuanya Normal, tapi Kok Sulit Hamil? Bisa Jadi Inilah 10 Penyebabnya
gastric health
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM- Jika Anda dan pasangan sudah memantapkan keputusan untuk hamil dan punya anak, pelajari dulu beberapa kesalahan umum penyebab sulit hamil.

Kesalahan-kesalahan umum inilah yang sering menjadi penyebab sulit hamil dan mendapatkan anak.  

1. Salah menentukan masa subur (ovulasi).

Rata-rata, siklus menstruasi perempuan normal adalah 28 hari. Untuk siklus ini, cara menentukan masa subur (ovulasi) adalah dengan menambahkan 14 hari setelah hari pertama haid (menstruasi).

Banyak perempuan berpatokan pada sistem penanggalan tersebut, padahal siklus haid (menstruasi) setiap orang bervariasi, bisa lebih pendek atau lebih panjang dari 28 hari.

Untuk menentukan masa subur (ovulasi) yang lebih personal, lakukan penghitungan mundur sebanyak 14 hari terhitung dari hari pertama haid (menstruasi).

Jika siklus haid (menstruasi) teratur, teknik ini memungkinkan Anda untuk memperhitungkan kapan masa subur (ovulasi) akan terjadi setiap bulan.

Anda juga bisa menentukan masa subur (ovulasi) dengan mengecek kondisi lendir serviks atau dengan mengukur suhu basal tubuh.

Jadi jangan sampai salah menentukan masa subur karena bisa menjadi penyebab sulit hamil.

Baca: Berseliweran di Medsos, Ternyata 15 Berita Kesehatan ini HOAX

Halaman
1234
Editor: khamelia
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help