Mgr Adrianus Sunarko Resmi Jadi Uskup Pangkalpinang

Mgr Adrianus Sunarko OFM resmi menjadi uskup Pangkalpinang melalui ritus penumpangan tangan ke atas kepala oleh uskup penahbis utama

Mgr Adrianus Sunarko Resmi Jadi Uskup Pangkalpinang
bangkapos/Ardhina
Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Respi Leba

BANGKA POS.COM, BANGKA--Mgr Adrianus Sunarko OFM resmi menjadi uskup Pangkalpinang melalui ritus penumpangan tangan ke atas kepala oleh uskup penahbis utama, Mgr Aloysius Sudarso SCJ didampingi dua uskup Mgr Yohanes Harun Yuwono dan Mgr Leo Laba Ladjar OFM.

Semua uskup lainnya pun ikut menumpangkan tangan secara bergilir ke atas kepala Mgr Adrianus Sunarko, OFM.

"Saat ini adalah puncak ritus tahbisan uskup yang sejak abad abad pertama meliputi dua pokok yakni penumpangan tangan dan doa tahbisan oleh para uskup. Umat mengikuti ritus ini dengan khidmat dalam suasana hening," jelas Ketua Umum Panitia Tahbisan, Pastor Pramodo.

Ritus penumpangan tangan diawali dengan uskup terpilih berlutut.

Uskup penahbis utama mengenakan mitra lalu mendekati uskup terpilih dan menumpangkan kedua tangannya ke atas kepala uskup terpilih tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Selanjutnya dengan menggenakan mitra uskup penahbis pertama Mgr Yohanes Harun Yuwono dan uskup penahbis kedua Mgr Leo Laba Ladjar OFM beserta semua uskup lainnya juga menumpangkan tangan secara bergantian.

Upacara tahbisan uskup dimulai dengan koor dan umat menyanyikan lagu roh kudus, pengajuan uskup terpilih dan pembacaan surat pengangkatan dari Paus Fransiskus oleh sekretaris Duta Vatikan untuk Indonesia.

Selanjutnya uskup terpilih mengucapkan janji, litani orang kudus, penumpangan tangan dan doa tahbisan.

"Saudara saudari terkasih, keuskupan Pangkalpinang kini mempunyai seorang uskup baru yang akan memimpin serta mempersatukan umat pada Kristus, memperhatikan keselamatan serta hidup bersatu sehati sejiwa dalam suka dan duka. Sebagai tanda syukur kepada Tuhan kita semua dengan gembira menyambut Bapak Uskup Mgr Adrianus Sunarko OFM sebagai pemimpin Keuskupan Pangkalpinang," ungkapan doa Mgr Aloysius Sudarso SCJ sebagai penahbis utama.

Ribuan umat yang hadir pun menyambut penuh iman gembala yang baru sambil bernyanyi dan bertepuk tangan.

Penulis: respisiusleba
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved