Pemkab Bangka Targetkan 2.400 Peserta Baru Asuransi Nelayan

Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyerahkan santunan asuransi bagi nelayan kepada ahli waris Suban dan Achmad masing-masing sebesar Rp 160 juta

Pemkab Bangka Targetkan 2.400 Peserta Baru Asuransi Nelayan
(nurhayati/bangkapos.com)
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyerahkan santunan asuransi bagi nelayan dan santunan klaim pengobatan program asuransi nelayan di Kabupaten Bangka untuk Rape sebesar Rp 1.090.532, Senin (25/9/2017) di Halaman Kantor Bupati Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyerahkan santunan asuransi bagi nelayan kepada ahli waris Suban dan Achmad masing-masing sebesar Rp 160 juta.  Selain itu Bupati juga menyerahkan santunan klaim pengobatan program asuransi nelayan di Kabupaten Bangka untuk Rape sebesar Rp 1.090.532, Senin (25/9/2017) di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Menurut Tarmizi santunan asuransi bagi nelayan ini merupakan program pemerintah melalui Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia dalam rangka menjalankan amanat undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidayaan ikan dan petambak garam.

Program ini juga sekaligus sejalan dengan nawacita Nomor 5 meningkatan kualitas hidup manusia Indonesia.

"Untuk itu diwujudkan bantuan program premi asuransi bagi nelayan seluruh Indonesia yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan merupakan program bersama antara pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Bangka serta Jasindo sebagai asuransi penyedia jasa," jelas Tarmizi.

Menurutnya, bantuan premi asuransi nelayan dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi individu nelayan dalam rangka keberlangsungan kegiatan usaha penangkapan ikan.

Program ini bertujuan memberikan jaminan perlindungan atas resiko yang dialami individu nelayan, menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya berasuransi, membangun keinginan nelayan untuk ikut serta beransuransi secara mandiri.

"Pemerintah Kabupaten Bangka sejak tahun 2016 telah menyediakan anggaran operasional untuk sosialisasi registrasi kepesertaan serta distribusi asuransi nelayan," kata Tarmizi.

Disampaikannya, pada tahun 2016 yang lalu nelayan di Kabupaten Bangka telah diasuransikan sebanyak 1.488 orang yang telah menerima manfaat dari program tersebut sebanyak enam orang sebesar Rp 644.569.051.

Di antaranya empat orang telah menerima klaim asuransi masing-masing sebesar Rp 160 juta yang diserahkan kepada ahli warisnya, dua orang menerima bantuan biaya pengobatan dan perawatan yaitu satu orang menerima sebesar Rp 3 juta dan satu orang menerima Rp 1 juta.

Pada tahun 2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka menargetkan sebanyak 2.400 orang peserta baru program asuransi nelayan di Kabupaten Bangka.

Tarmizi berharap, uang asuransi nelayan tersebut dapat bermanfaat bagi ahli waris utamanya untuk membiayai usaha keluarga dan pendidikan anak-anak.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved