BangkaPos/
Home »

Video

VIDEO: Perguruan Tinggi Babel Kerjasama Dengan Universitas Malaysia dan Thailand

Lima perguruan tinggi Bangka Belitung menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Lima perguruan tinggi Bangka Belitung menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia, Senin (28/9) di Hotel Novotel pada acara University Network (Uninet). Kerjasama ini meliputi bidang pertukaran pelajar dan riset.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menempati peringkat 230 di dunia dan menempati urutan ke 16 di dunia untuk kategori perguruan tinggi yang berdiri selama 47 tahun.

Ketua Uninet IMTGT, Rektor Universitas Syahkulah Aceh, Hizir Sofyan menuturkan Provinsi Kep Bangka Belitung termasuk beruntung berkesempatan menjadi tuan rumah IMT-GT. Sebab, kesempatan ini langka hanya terjadi sekali dalam kurun waktu 30 tahun. Diketahui jangka waktu kesepakatan kerjasama perguruan tinggi di ajang IMT-GT ini selama lima tahun.

Tercatat perguruan tinggi di sepuluh provinsi di Sumatera mendapat kesempatan bekerjasama dengan perguruan tinggi dengan Malaysia dan Thailand.

Sementara mewakili Bangka Belitung ada empat perguruan tinggi yang menjalin kerjasama yakni Universitas Bangka Belitung (UBB), STIE Pertiba, STIH Pertiba dan STAIN Syeikh Abdurrahman Siddik Babel.

"Universitas Bangka Belitung (UBB) salah satunya termasuk universitas baru, jadi ini kesempatan untuk mengangkat diri sejajar dengan PTN di Indonesia," ujar Hizir Sofyan

Pertukaran pelajar dari Indonesia ke Malaysia dan Thailand menurutnya akan berdampak positif sebagai ajang pertukaran budaya dan bekembang bersama dalam konteks ASEAN.

"Kekuatannya sangat luar biasa, kalau dilihat dari sisi budaya tidak terlalu jauh di Thailand selatan muslim. Dengan adanya interaksi maka ada kebersamaan kehidupan ekonomi makin sejahtera. Jangan mencari perbedaan tapi cari kesamaan," tambahnya.

Kerjasama ini disambut baik oleh Sekertaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawan yang mengatakan kerjasama perguruan tinggi ini akan dimanfaatkan untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kita perlu sering-sering berhubungan supaya cepat naik kelas. Kita (Provinsi Kep. Bangka Belitung) paling muda untuk Sumatra. Di bangka Belitung," ujar Yan Megawan.

Penulis: Dhina Sakti
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help