BangkaPos/

DPRD Bangka Tengah Tetapkan Propemperda 2018

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka Tengah tersebut menyepakati 18 Propemperda untuk tahun anggaran 2018.

DPRD Bangka Tengah Tetapkan Propemperda 2018
Bangkapos.com/Evan Saputra

KOBA, BANGKA POS - DPRD Kabupaten Bangka Tengah menggelar Rapat Paripurna Penetapan Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2018.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan Senin (25/9) tersebut menyepakati 18 Propemperda untuk tahun anggaran 2018.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan Rapat Paripurna ini digelar mengingat peran Peraturan Daerah (Perda) yang penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Maka penyusunan tersebut perlu diprolegdakan.

“Berdasarkan ketentuan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan, dijelaskan bahwa perencanaan penyusunan Perda dilakukan dalam suatu program legislasi daerah dan sekarang berkah menjadi program pembentukan Perda yang merupakan instrumen perencanaan program pembentukan Perda yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis,” ujarnya.

Menurut Algafry, secara operasional program pembentukan Perda memuat daftar prioritas rencana perdana yang disusun berdasarkan metode dan parameter tertentu sebagai bagian integral dari sistem peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian program pembentukan Perda dapat digunakan sebagai pedoman dan pengendalian penyusunan Perda yang mengikat lembaga yang berwenang yaitu Pemda dan DPRD dalam pembentukan Perda.

“Badan pembentukan Perda DPRD sebagaimana dialamatkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku memiliki tugas dan wewenang menyusun program pembentukan Perda di lingkungan DPRD dan mengkoordinasikannya dengan Pemda,” katanya.

Disebutkan Algafry tugas dan wewenang dimaksud telah dilakukan oleh badan pembentukan Perda bersama bagian hukum setda, melalui rapat kerja masing-masing secara internal untuk mengkoordinir di lingkungan masing-masing dan rapat koordinasi keduanya untukmembahas dan mensingkronkan daftar rencana Perda usulan bupati.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menyebutkan paripurna penetapan Propemperda dilakukan karena sebagai negara yang berdasarkan atas hukum segala aspek kehidupan dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan termasuk pemerintahan, haruslah senantiasa berlandaskan pada asas hukum.

“Hukum sangatlah diperlukan dalam tatanan kehidupan baik dalam pegaulan global, regional, nasional maupun dalam tatanan lokal. Hal ini perlukan dalam rangka untuk lebih mempertegas asas legalitas atau kepastian hukum dalam bersikap dan berindak bagisetiap subjek hukum, khususnya dalam pembentukan peraturan perundang-undangan dalam bentuk produk hukum daerah,” katanya.

Dikatakan Ibnu, dengan telah ditetapkannya menjadi keputusan DPRD, 18 Propemperda dalam beberapa waktu kedepan diawal tahun 2018 nanti akan segera menyampaikan Raperda dimaksud, yang disertai dengan naskah akademis sesuai dengan masa persidangan ke DPRD. (adv/gio/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help