BangkaPos/

Hari Statistik Nasional: BPS Independen dan tidak Bisa Diintervensi

Bertepatan dengan Hari Statistik Nasional, Kepala BPS Babel, Darwis Sitorus menegaskan indepedensi harus dimiliki BPS sebagai penyedia statistik resmi

Hari Statistik Nasional: BPS Independen dan tidak Bisa Diintervensi
Ist
Apel pagi peserta BPS dari tujuh kabupaten Bangka Belitung 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Bertepatan dengan Hari Statistik Nasional, Kepala BPS Babel, Darwis Sitorus menegaskan indepedensi harus dimiliki BPS sebagai penyedia official statistics (statistik resmi).

Penegasan tersebut disampaikannya saat upacara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) bersama 243 orang jajaran BPS dari tujuh kabupaten di Bangka Belitung, Selasa (26/9), bertempat di halaman kantor BPS, kompleks perkantoran Gubernur.

"Akan sangat disayangkan jika kerja keras kita ternodai bila dianggap tidak independen. Ibarat karena nila setitik rusak susu sebelanga. Saya mengajak jajaran BPS baik pusat dan daerah untuk terus menjaga independensi sampai kapan pun dan tak bisa diintervensi," ungkap Darwis Sitorus.

Dalam sambutanya mewakili BPS Pusat yang mengusung tema "Kerja Bersama Dengan Data", Darwis menyampaikan BPS patut bersyukur karena kini Presiden RI Joko Widodo sadar pentingnya statistik dan memberikan kepercayaan kepada BPS.

Bahkan pada beberapa kesempatan diketahui kementrian lembaga menggunakan dan mengacu pada data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan.

"Tidak pernah sekalipun Presiden melakukan intervensi atas data BPS hasilkan, yang beliau lakukan adalah mengidentifikasi permasalahan kemudian berusaha mencari solusinya. BPS harus betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku dan sesuai dengan standard internasional," terangnya.

Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) pernah terpilih menjadi pembicara dalam acara World Parliamentary Forum untuk berbicara tentang Climate Change, Women Land Rights and Sustainable Development di depan anggota parlemen dari seluruh dunia.

Dikatakannya, kesempatan itu merupakan bentuk kepecayaan internasional terhadap data BPS yang berkualitas dan terpecaya.

Selanjutnya BPS akan berupaya menyempurnakan metodologi dan mengintegrasikan berbagai survei sehingga pengumpulan data efektif dan efisien.

BPS pun akan mengevaluasi pemanfaatan produk penelitian oleh pengguna data sehingga permintaan kerjasama akan diseleksi dan difilter untuk meminimalisi melakukan survei baru.

"Saya melihat sendiri perjuangan teman-teman di daerah begitu luar biasa dalam menghasilkan data di tengah begitu banyak keterbatasan seperti kondisi geografis, infrastruktur dan SDM. Terimakasih kepada seluruh jajaran BPS di seluruh penjuru tanah air Bahkan harus mendaki gunung dan menyebrangi lautan untuk mengumpulkan data," tutup Darwis Sitorus membacakan sambutan mewakili BPS Pusat.

Penulis: Dhina Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help