BangkaPos/

Babel Tawarkan Pariwisata, Pertanian dan Pendidikan di IMT-GT

Bangka Belitung menawarkan kerjasama dibidang pariwisata, pertanian serta pendidikan melalui Universitas Bangka Belitung (UBB).

Babel Tawarkan Pariwisata, Pertanian dan Pendidikan di IMT-GT

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Perwakilan Negara Indonesia, Malaysia, Thailand-Growth Triangle (IMT-GT) ke-23 tahun 2017 kembali melakukan pertemuan lanjutan di Novotel Bangka, Rabu (27/9).

Hari kedua pertemuan dilakukan tingkat kepala dinas antara negara atau senior official meeting.

Ketua Sekretariat IMT-GT Babel 2017, Sudarman mengatakan agenda Rabu (27/9), para Senior Official Meeting akan mengevaluasi kegiatan IMT-GT yang digelar sebelumnya.

“Selain itu akan dibahas juga masalah infrastruktur masing-masing negara, mulai dari pariwisata, produk halal, masalah lingkungan, tourism dan juga konektivitas perdagangan antar negara IMT-GT,” ujar Sudarman.

Asisten Biro Perekonomian Pembangunan Babel, Budiman Gin­ting yang mendampingi Deputy Chairman Economic dalam Senior Officials Meeting mengatakan ada beberapa poin penting yang dibahas. Namun pertemuan tersebut cukup banyak membahas hasil dan evaluasi tahun sebelumnya.

Budiman menjelaskan beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tingkat Senior Officials Working Group tersebut yakni membahas terkait infrastruktur dan konektivitas. Dari Indonesia sendiri sudah ada konektivitas dari Riau ke Malaysia.

Sementara itu untuk Bangka Belitung sendiri, Budiman mengatakan bahwa pihaknya akan menawarkan kerjasama dibidang pariwisata, pertanian serta pendidikan melalui Universitas Bangka Belitung (UBB).

Kemudian pihak Thailand dan Malaysia juga tertarik untuk terkoneksi dengan Babel melalui Bandara Hanandjoedin Belitung. 

“Kerjasama universitas sudah dilakukan LoI (Letter of Intent) antara UBB dan universitas kebangsaan Malaysia. Kemudian kerjasama pihak Bandara Hanandjoedin dengan Thailand dan Malaysia. Ini dalam rangka hubungan internasional konektivitas transportasi udara. Singapura sudah mulai sebelumnya. Sekarang Malaysia dan Thailand juga minta terkoneksi,” kata Budiman Ginting.

Sedangkan untuk bidang pariwisata menempatan wisata Tanjung Kelayang. Tempat wisata ini sudah menjadi pariwisata prioritas nasional. Ini pun masuk dalam agenda Working Groups Tourism.

“Untuk investasi parisiwata ini 80 persen dari pihak swasta. Kalau mereka (IMT-GT) mau membantu sisi pendanaan akan lebih bagus. Ini kita tawarkan supaya mereka investasi disana. Kita sendiri hanya membangun infrastruktur seperti jalan, fasilitas umum lainnya. Kita juga menawarkan dan menyiapkan KEK Bangka dan KEK Bangka Tengah,” jelas Budiman Ginting.

Kemudian dari hasil pertemuan Senior Official Meeting ini akan direalisasikan lagi dalam pertemuan tingkat gubernur dari tiga negara tersebut. Sedangkan hasil pertemuan konkritnya akan disetujui dihadapan tiga menteri tiga negara IMT-GT.

Budiman berharap program ditawarkan dalam forum IMT-GT tersebut yakni pariwisata, pertanian dan universitas dapat masuk dalam agenda serta disetujui untuk dikerjakan. Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan perekomian di Bangka Belitung. (adv/can/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help