BangkaPos/

Kini Era Digital-Entrepreneur, Saatnya IKM Melek Teknologi

Era saat ini disebut sebagai Era Digital-Entrepreneur, maka para pelaku usaha harus aware (perhatian) terhadap kemajuan teknologi

Kini Era Digital-Entrepreneur, Saatnya IKM Melek Teknologi
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Reniati 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

 BANGKAPOS.COM, BANGKA- Perhelatan pertemuan tiga negara Indonesia, Malaysia dan Thailand (IMT-GT) ke 23 Tahun 2017 yang mempercayakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah ikut melibatkan industri kecil menengah (IKM).

Namun sayangnya IKM asal daerah Babel ini pun tak berhasil meraup untung maksimal akibat tamu asal luar negeri terkendala mata uang rupiah sebagai alat pembayaran produk yang dijual IKM.

Menanggapi kejadian ini, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) Reniati berpendapat bahwa sebenarnya pelayanan penukaran uang asing di beberapa Bank Umum sudah dibuka namun jumlah dan jenis mata uangnya masih terbatas.

Menurutnya, suatu saat pendirian Money Changer bisa dipertimbangkan karena hubungan dengan luar negeri sudah mulai intens (dekat) dan pariwisata sedang gencarnya menarik wisatawan mancanegara dari luar negeri.

Manfaatnya tak lain agar tamu luar negeri bisa bertransaksi dengan mudah dan cepat kepada para pelaku usaha di Babel.

"Pilihan kedua pelaku usaha di Babel (seperti IKM) harus sudah bekerjasama dengan pihak perbankan. Sehingga wisatawan mancanegara bisa bayar dengan kartu kredit atau kartu debit," tukas Reniati saat dihubungi Bangka Pos melalui pesan singkat WhatsApp.

Pasalnya dalam era transaksi non tunai yang sekarang digalakkan oleh Bank Indonesia menjadikan orang tidak banyak lagi membawa uang cash (tunai). Tapi semua sudah harus berbasis elekronik.

"Era saat ini disebut sebagai Era Digital-Entrepreneur, maka para pelaku usaha harus aware (perhatian) terhadap kemajuan teknologi," tutupnya.(*)

Penulis: Dhina Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help