BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Rebut Hadiah Total Rp 20 Juta, Dispertan Gelar Sungailiat Cat Festival

Dinas Pertanian Kabupaten Bangka mengelar Festival Sungailiat Cat Festival yang diikuti puluhan peserta

Rebut Hadiah Total Rp 20 Juta, Dispertan Gelar Sungailiat Cat Festival
bangkapos.com/Nurhayati
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman mendampingi Asisten Bidang Administrasi dan Umum Akhmad Mukhsin melihat kucing milik peserta Sungailiat Cat Festival, Kamis (28/9/2017) di Hotel ST 12 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dinas Pertanian Kabupaten Bangka mengelar Festival Sungailiat Cat Festival yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahkan ada yang berasal dari luar daerah, Kamis (28/7/2017) di Hotel ST 12 Sungailiat.

Lomba yang memperebutkan hadiah total uang tunai senilai Rp 20 juta ini, menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman, latar belakang diadakannya Sungailiat Cat Festival ini untuk memperingati Hari Rabies pada tanggal 28 September 2017. 

"Kegiatan ini diperingati karena Babel dikategorikan daerah bebas rabies. Untuk itu kami memberikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan bukan hanya kucing, anjing tetapi juga hewan peliharaan lainnya," jelas Kemas.

Saat ia masuk komunitas facebook ternyata banyak cat lovers atau pecinta kucing, sehingga dibuatlah wahana Sungailiat Cat Festival untuk saling memperlihatkan secara nyata kecintaan kepada kucing-kucing peliharaan. 

Selama ini diakui Kemas lomba cat lovers sering diselenggarakan pihak swasta, namun dengan diselenggarakan Sungailiat Cat Festival  ini baru pertama kalinya dilakukan oleh pemerintah daerah.
"Kita ingin kegiatan cat lover jadi suatu hal untuk meningkatkan kecintaan kepada hewan peliharaan," kata Kemas.

Untuk itu pada tahun 2018 nanti akan diadakan lomba cat lovers kembali dengan lebih banyak kategori lagi.

"Sungailiat Cat Festival ini yang pertama sifatnya lokal, tetapi ada peserta dari Palembang, Medan dan dari luar Kabupaten Bangka. Ini kegiatan positif yang bisa kita kembangkan," kata Kemas.

Sebelumnya Dinas Pertanian Kabupaten Bangka sudah mengadakan vaksinasi gratis rabies yang dilakukan pada tanggal 26 dan 27 September. Kegiatan vaksinasi ini setiap tahun selalu adakan dinas pertanian untuk vaksinasi rabies gratis. "Bagi yang masyarakat yang ingin memvaksin rabies hewan peliharaannya, gratis bisa datang ke Dinas Pertanian Kabupaten Bangka," saran Kemas.

Selain itu, mereka juga mengadakan vaksinasi bersubsidi jika tanpa subsidi biaya vaksinnya sebesar Rp 200.000 dengan subsidi hanya membayar biaya sebesar Rp 150.000.

Pada lomba Sungailiat Cat Festival ini kategori kucing yang dilombakan yakni kucing sehat dewasa dan anak, kucing eksotis, kucing domestik, domestik long head, peranakan hasil silangan kucing, kucing yang makan paling cepat dan lomba kucing paling berat.

"Pelaksanaan Sungailiat Cat Festival ini berasal dari bantuan sponsor tidak ada anggaran pemerintah. Kami berterima kasih kepada pihak sponsor yang telah membantu," ungkap Kemas.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help