BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Kendalikan Harga Beras, Senin Nanti Pemkab Bangka Undang Agen Bahas HET

Pemerintah Kabupaten Bangka sedang dalam tahap sosialisasi terkait dengan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras

Kendalikan Harga Beras, Senin Nanti Pemkab Bangka Undang Agen Bahas HET
bangkapos.com/Nurhayati
Para distributor beras saat melakukan Pasar Murah di Kelurahan Kenanga menjelang peringatan 1 Muharram lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos N,urhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka sedang dalam tahap sosialisasi terkait dengan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium dan premium yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Babel.

Diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Thony Marza, untuk HET beras medium sebesar Rp 9.950 perkilogram dan HET premium sebesar Rp 13.300 perkilogram.

Ditegaskannya bahwa penetapan HET tersebut merupakan acuan harga tertinggi yang diambil tim Satgas Pangan Pemprov Babel. "Nanti didalam karung beras itu akan ditulis label yang menunjukkan harga dari beras baik itu beras medium maupun premium," jelas Thony, Jumat (29/9/2017) kepada bangkapos.com. 

Dijelaskannya, tujuan pemerintah daerah menetapkan HET beras medium dan premium untuk menolong masyarakat agar kebutuhan beras dapat terpenuhi dan mengendalikan harga beras.

"Kadang kadang ketika harga tidak terkendali, yang terkena dampaknya itu adalah masyarakat yang menggunakan beras sebagai makanan pokok," ungkap Thony.

Selain itu, penetapan HET tersebut membuat rantai distribusi di tingkat sub distributor hingga ke tingkat agen akan terpotong. 

"Jadi distributor sedapat mungkin ini bisa langsung ke pengecer tanpa harus  melalui subdistributor, sub agen dan agen," harap Thony.

Namun untuk penetapan HET di Kabupaten Bangka pihaknya akan melakukan sosialisasi ke agen agen beras yang ada di daerah ini.

Menurutnya, sekarang ini masih masa sosialisasi dimana sosialisasi dilakukan  agar para pedagang beras yang masih memiliki stok lama untuk menghabiskan stok beras yang mereka miliki.

"Nanti secara internal kita di kabupaten Bangka akan kita sampaikan pada hari Senin saat cofee morning ke beberapa agen kita terkait HET beras medium dan premium," jelas Thony.

Untuk itu ia memastikan harga beras akan turun, sehingga tidak terjadi penimbunan. "Maka melalui sosialisasi ini, kita imbau pedagang untuk menjual habis stok yang ada," kata Thony.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help