BangkaPos/

Untuk Jadwal Operasi Jembatan Emas, DPU Bakal Pasang Traffic Light

Sayang sekali jika pola sebelumnya selama 6 jam sehari operasi jembatan ini sementara kapal-kapal yang melintasi alur jembatan ini cuma

Untuk Jadwal Operasi Jembatan Emas,  DPU Bakal Pasang Traffic Light
Bangkapos/Ryan Agusta
Kepala bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitung, Yopi 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Operasional atau aktifitas jembatan Emas sesungguhnya tidak setiap jam dalam satu hari, namun aktifitas jembatan tersebut beroperasi berdasarkan jadwal keberangkatan kapal besar yang melintasi alur muara sungai Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang.

"Dan juga tergantung kondisi pasang surut air laut," kata kepala bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Yopi ditemui di lokasi jembatan Emas, Jumat (29/9/2017) sore.

Diterangkannya, sebelumnya jadwal operasi dengan pola buka tutup pada jembatan tersebut yakni dalam setiap hari 6 jam.

Namun menurut pemikirannya pola operasi jembatan selama 6 jam sehari itu justru dianggapnya sangatlah tidaklah efisien atau pemborosan biaya operasional.

"Sayang sekali jika pola sebelumnya selama 6 jam sehari operasi jembatan ini sementara kapal-kapal yang melintasi alur jembatan ini cuma 2 jam saja. Jadi pola dulu kurang terlalu baik," katanya.

Oleh karena pihaknya berencana akan merubah pola jam operasional untuk aktifitas jembatan Emas tersebut seefisien mungkin tanpa banyak mengeluarkan biaya. 

"Jadi pola kita sekarang yakni melihat kondisi kapal-kapal yang lewat alur jembatan Emas ini. Misalkan ada kapal yang lewat atau masuk kembali di bawah jembatan ini atau kurang dari 45 menit tetap kita angkat jembatan ini sebab kami mempertimbangkan biaya atau cost operational dan maintenance," terangnya lagi.

Maka dari itu ditegaskanya hingga sampai saat ini pihaknya belumlah dapat menentukan jadwal yang pasti terkait aktifitas operasi jembatan Emas itu kepada publik atau masyarakat. 

"Karena jika ada kapal yang lewat lagi maka jembatan tersebut akan kami tutup lagi. Jadi solusi sementara ini kami mempubliskan informasi terkait operasi jembatan ini melalui radio atau RRI Pro satu. Jadi saat posisi jembatan ini naik atau turun maka kami segera menyampaikan info ini kepada RRI," tegasnya.

Meski begitu pihaknya tetap mencari solusi lainnya terkait pengaturan waktu atau jam operasional jembatan Emas tersebut yakni dengan berencana akan memasang semacam perangkat rambu-rambu (trafic light) yang tertera seputar informasi operasi jembatan tersebut.

"Insya Allah tahun depan (2018--red) kami akan membuat perangkat atau semacam trafict light yang nantinya dipasang sejumlah titik di sekitar persimpangan jalan arah menuju jembatan Emas itu," katanya. (*)

Penulis: ryan augusta
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help