Deteksi Sejak Dini, Pemeriksaan IVA Bisa Dilakukan di Puskesmas

Ia mengatakan cara termudah untuk mendeteksi kanker leher rahim sejak dini dengan cara memeriksanakannya

Deteksi Sejak Dini, Pemeriksaan IVA Bisa Dilakukan di Puskesmas
Ist
seminar kanker leher rahim di rumah sakit Siloam Bangka 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Rumah Sakit Siloam Bangka mengadakan seminar Kanker Leher Rahim (serviks) kepada kalangan umum dan internal rumah sakit, Sabtu (30/9).

Seminar diisi oleh pembicara spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan Rizani Amran.

Ia mengatakan cara termudah untuk mendeteksi kanker leher rahim sejak dini dengan cara memeriksanakannya di puskesmas terdekat dengan cek inspeksi visual dengan asam asetat (IVA).

"Kebanyak wanita masih malu untuk cek sejak dini. Padahal pemeriksaan sejak dini sudah harus dilakukan apalagi sudah menikah. Kalau malu maka pergilah ke bidan bisa konsultasi,"ujarnya.

Kanker leher rahim (serviks) disebabkan oleh Human Papillonavirus (HPV). Di Indonesia sendiri vaksin untuk mencegah virus ini belum dapat diberikan secara massal oleh pemerintah.

Dikatakan Rizani Amran, adapun beberapa gejala kanker leher rahim seperti keputihan, rasa nyeri dan pendarahan saat berhubungan seksual.

"Sebetulnya bidan itu ujung tombak dari petugas kesehatan karena dia sudah dilatih pemeriksaan IVA. Bidannya bisa dikasih itu kalau ibu-ibu melakukan IVA gak bayar pakai BPJS,"sarannya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help