BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Sukseskan Pemilukada, KPU Gelar Rapat dengan Pemangku Kepentingan

KPU Kabupaten Bangka menggelar rapat koordinasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Sukseskan Pemilukada, KPU Gelar Rapat dengan Pemangku Kepentingan
(nurhayati/bangkapos.com)
Rapat koordinasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018, Senin (2/10/2017) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--KPU Kabupaten Bangka menggelar rapat koordinasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018, Senin (2/10/2017) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain, KPU perlu melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder untuk pemilihan kepala daerah serentak.

"Ada hal-hal yang ingin disampaikan, dimana KPU sudah siap melaksanakan pemilukada. KPU Bangka pada saat bersamaan memasuki tahapan pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Waktu bersamaan tentunya pikiran dan fokus kami terbagi di pilbup 2018 dan pilpres serta pileg 2019," jelas Zulkarnain.

Untuk itu pihaknya berharap peran aktif Pemkab Bangka, Polres, Kejaksaan, dan Kementerian Agama, membantu melancarkan pelaksanaan pemilukada.

"Kita perlu mengadakan MOU bersama pihak polres berkaitan dengan keamanan dan ketertiban. Pengalaman pemilu di Kabupaten Bangka cukup kondusif, tertib, aman damai.
Harapan kami kegiatan pemilu, aman, tertib dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu polres sudah siap mengantisipasi keamanan pemilukada," jelas Zulkarnain.

Terkait persoalan hukum menurutnya KPU juga bekerjasama dengan pihak kejaksaan qsebagai jaksa negara. Pihaknya juga  berkoordinasi dengan panwaslu untuk pengawasan pemilukada.

Sedangkan dengan dinas penduduk dan catatan sipil, KPU dalam pemilukada berkaitan dengan data kependudukan.

"Untuk kemenag dalam rangka sosialisasi punya pemilukada kemenag punya pegawai seperti penghulu kami titip jika menikah penganten baru agar disampaikan pilbup pada tanggal 27 Juni 2018," pesan Zulkarnain.

Peran media massa juga menurutnya cukup aktif menyuarakan berkaitan pemilu. Untuk itu pihaknya menyiapkan media center di KPU minta info berkaitan dengan pilbup dan pileg/pilpres.

"Pada saat bersamaan beberapa tahapan terkait pilkada seleksi panitia adhoc PPK, kelurahan dan desa. Kami berharap pemerintah daerah memfasilitasi tempat untuk membantu kami perekrutan dan pemeriksaan berkas," kata Zulkarnain.

Pada tanggal 3 sampai 16 Oktober KPU mulai melayani pendaftaran parpol peserta pemilu.

"Kami mempunyai tugas melayani pendaftaran parpol di Kabupaten Bangka. Parpol yang terdaftar di kesbang 12 partai dan ada lima parpol baru. Pada Oktober juga pengumuman untuk pemantau pemilih dan launching maskot dan jingle," ungkap Zulkarnain.

Caption: Rapat koordinasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018, Senin (2/10/2017) di Hotel Tanjunf Pesoba Sungailiat. (nurhayati/bangkapos.com)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help