BangkaPos/

Pepper Day Satukan Kekuatan Mengembalikan Kejayaan Lada Babel

Kementrian Perdagangan RI memperingati Pepper Day 2017 dengan mengadakan lokakarya

Pepper Day Satukan Kekuatan Mengembalikan Kejayaan Lada Babel
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan saat mengukuhkan Dewan Rempah Babel, di Novotel, Rabu (4/10/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kementrian Perdagangan RI memperingati Pepper Day 2017 dengan mengadakan lokakarya yang mengusung tema inovasi dan strategi kebijakan untuk peningkatan daya saing lada Indonesia, di Novotel Bangka Tengah, Rabu (4/10/2017).

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementrian Perdaganga, Dody Edward mengatakan Pepper day ini diharapkan menjadi forum interaksi antar pemangku kepentingan untuk memperkuat sektor lada secara kuantitas, kualitas, dan harga.

Ia mengatakan Indonesia merupakan penghasil lada terbesar di dunia setelah Vietnam. Indonesia menyumbang 18 persen pasar dunia untuk lada, sedangkan 40 persen lada Indonesia berasal dari Bangka Belitung.

"Soal harga kan memang ini komoditas dunia yang harganya rentan berfluktuasi, maka kita upayakan untuk mendorong konsumsi domestik di negara produsen sehingga bisa mendorong dan meningkatkan harga lada," katanya, saat menghadiri Pepper Day 2017, di Novotel, Rabu (4/10/2017).

Fluktuasi harga menurutnya terjadi lantaran tidak seimbangnya permintaan dan supply barang. Namun tidak menutup kemungkinan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil lada dapat menjadi penentu harga lada dunia.

"IPC (International Pepper Community) yang terdiri dari beberapa negara produsen lada sedang mendorong perbaikan harga lada dan meningkatkan akses pasar, bisa saja kita menentukan harga lada dunia dengan peran dan kapasitas yang kita punyan tapi kualitas dan produktivitas kita harus ditingkatkan, apalagi jika konsumsi dalam negeri lebih ditingkatkan," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help