BangkaPos/

PLN Babel Nyalakan Listrik 24 Jam, Pongok dan Celagen Terang Benderang

PT PLN Wilayah Bangka Belitung melaksanakan penyalaan listrik selama 24 jam di Pulau Pongok dan Celagen, Selasa (3/10) siang di Pulau Pongok.

PLN Babel Nyalakan Listrik 24 Jam, Pongok dan Celagen Terang Benderang
Bangka Pos/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Brigjen Syaiful Zachri, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dan Pimpinan PT PLN Babel menekan tombol tanda PLN Wilayah Bangka Belitung melakukan penyalaan listrik 24 jam di Pulau Pongok dan Celagen, Bangka Selatan, Selasa (3/10). 

LEPAR PONGOK, BANGKA POS - PT PLN Wilayah Bangka Belitung meresmikan penyalaan listrik selama 24 jam di Pulau Pongok dan Celagen Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (3/10) siang.

Telah diresmikanya PLTD di Pulau Pongok dan Celagen membuat masyarakat di dua desa ini bisa menikmati aliran listrik setiap harinya.

Infratruktur PLTD yang dibangun di dua desa itu yakni Pongok sebesar 5X200 KW dan untuk PLTD Celagen sebesar 3X100 KW.

Pembangkit ini didukung jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 7,26 KMS, jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 8,65 KMS, 300 buah batang tiang, empat buah trafo kapasitas 50 kVA dan tiga buah trafo 100 kVA.

Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera, Wiluyo mengatakan di dua desa tersebut sudah menjadi satu kesatuan sistem kelistrikan.

Dengan kapasitas yang ada cukup untuk melistrik 1.300 rumah berdaya 900 VA dengan durasi 24 jam nyala dalam sehari, dan menyambung lima cold storage dengan daya 100 kVA.

"Kami mengharapkan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga, yang sebagaian besar berprofesi sebagai nelayan. Infrastruktur kelistrikan dapat mendorong pembangunan sarana penunjukan nelayan seperti cold storage dan oven untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan," ujar Wiluyo kepada wartawan, Selasa (3/10).

Kemudian lanjutnya, ada juga usaha pembuatan batako untuk mendorong pembangunan atau bisnis bisnis lainnya dalam upaya menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Selain itu harapnya Pemerintah bisa meningkatkan kualitas kesehatan dengan juga dapat terwujud dengan listrik tersedia, distribusi air bersih menjadi lebih merata, dan anak-anak pelajar dapat belajar dengan adanya penerangan lampu dan sarana belajar elektronik.

Ia menambahkan saat ini PLN juga sedang membangun enam infrastruktur kelistrikan di pulau- pulau kecil di Bangka Belitung, yaitu di PLTD Selat Nasik 6X200 KW, PLTD Pulau Sumedang 3X100 KW, PLTD Pulau Gresik 4X100KW, PLTD Pulau Buku Limau 4X100 KW, PLTD Seliu 3X100 KW dan PLTD Pulau Nangka 2X100 KW.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan dengan telah menyalanya listrik di Pongok dan Celagen maka sudah saatnya masyarakat pulau berpikir lebih maju lagi kedepan.

Menurutnya dengan sudah adanya aliran listrik sudah bisa mengembangkan segala macam potensi di wilayah pulau terluar di Bangka Selatan ini.

"Listrik sudah 24 jam artinya sudah masuk tahap manusia yang bisa diajak untuk lebih maju kedepan, tetapi jangan sampai salah memanfaatkan listrik ini. Harus cerdas memakai listrik, jangan mentang-mentang ada listrik sampai jam satu malam panggil musik dangdut, kadesnya harus awasi itu," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan telah adanya aliran listrik maka akan berdampak pada pendekatan ekonomi, artinya bila energi telah tersediakan sektor perikanan dan pariwisata akan maksimal.

"Seperti saya sampaikan kepada PLN harus siap membuat kebijakan lebih cepat, kita akan memfasilitasi nelayan memakai energi batere untuk menggerakan mesin perahu nelayan. Disamping itu kita akan mengedepankan energi listrik nanti pada motor ini dan tidak menggunakan bahan bakar. Penggunaan batere tahun depan nanti kita kasih contohnya," tambahnya. (adv/n4/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help