178 Tetesan Darah Jadi Sempel Pemeriksaan di Kantor Polisi

Sebanyak 178 polisi berpangkat brigadir hingga perwira menjalani tes kesehatan

178 Tetesan Darah Jadi Sempel Pemeriksaan di Kantor Polisi
bangkapos/ferry laskari
Tes kesehatan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sebanyak 178 polisi berpangkat brigadir hingga perwira menjalani tes kesehatan. Darah dan denyut jantung mereka diperiksa untuk mengantisipasi kemungkinan tak diinginkan.

Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Medis di Mapolres Bangka, Rabu (11/10/2017).

Para polisi dipanggil satu persatu. Setelah ditimbang berat badan, dan diukur tinggi badan, serta lingkar perut. Kemudian jari mereka ditusuk jarum. Saat itulah darah segar menetes, dan langsung diperiksa menggunakan alat indikator khusus guna mendeteksi penyakit.

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Kabag Sumda Kompol Efendi Sugianto kepada Bangka Pos Group di sela-sela pemeriksaan, Rabu (11/10/2017) menjelaskan soal tes kesehatan yang dimaksud.

"Bahwa hari ini dilaksanakan kegiatan pemeriksaan atau tes kesehatan untuk mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (FRPTM)," katanya.

Pemeriksaan dilakukan oleh beberapa orang petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka dan Tim Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Bangka. Pemeriksaan mulai dari tensi, pemeriksaan darah sebagai indikator penyakit asam urat, kolesterol, jantung dan sejenisnya.

"Tes urine diikuti beberapa personil, mulai pangkat brigadir ke atas (minimal pangkat brigadir hingga perwira). Pesertanya kurang lebih 178 personil," katanya.

Dalam satu tahun, pemeriksaan serupa dilakukan dua kali. Pemeriksaan yang dimaksud dilakukan di Polda Babel dan di Polres Bangka.

"Kegiatannya satu dari Polda dan satu kerjasama denga pemerintah daerah (Dinkes)," katanya.

Efendi Sugianto memastikan, pemeriksaan kesehatan merupakan hal yang wajib bagi polisi. Sebab kesehatan yang baik diharapkan dapat mendukung kinerja atau tugas negara yang diemban.

"Tujuannya, selain mengantisipasi secara dini penyakit yang tidak menular, juga menyangkut tugas kepolisian sehingga harus tetap menjaga kesehatan." katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved