BangkaPos/

Brimob Polri, dari Resimen Pelopor, Pasukan Elite Tertua Hingga Polemik Senjata

Brimob tergolong sebagai sebuah unit paramiliter negara ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya

Brimob Polri, dari Resimen Pelopor, Pasukan Elite Tertua Hingga Polemik Senjata
Ist

BANGKAPOS.C0M--Masalah pembelian senjata tempur berupa peluncur granat buatan Bulgaria, Stand Alone Grenade Launcher (SAGL) oleh Brimob Polri akhir-akhir ini menjadi polemik di tingkat Nasional.

Polemik ini akhirnya mereda setelah senjata penghancur yang memang sangat mematikan itu amunisinya disimpan di gudang TNI.

Penyimpanan amunisi tempur mematikan itu dianggap tepat karena dalam pertempuran yang sesungguhnya tugas menghancurkan musuh negara, terutama gerakan pemberontakkan bersenjata memang merupakan wewenangnya TNI.

Setelah secara institusi Polri dan TNI dipisahkan, yakni TNI di bawah Kementerian Pertahanan dan Polri di bawah Presiden, tugas Polri termasuk Brimob memang mengurusi keamanan yang bersifat sipil.

Sedangkan TNI bertugas sebagai pasukan tempur untuk menghadapi musuh bersenjata baik yang ingin menyerang dari dalam maupun dari luar negara.

Anggota Brimob Poda Kep Babel yang mengikuti Lat Pra Ops Satgas Amole Sat Brimob Polda Kep. Babel dalam rangka Pengamanan PT Freeport Selasa (2/5/2017).
Anggota Brimob Poda Kep Babel yang mengikuti Lat Pra Ops Satgas Amole Sat Brimob Polda Kep. Babel dalam rangka Pengamanan PT Freeport Selasa (2/5/2017). (dok humas Polda Kep Babel)

Untuk menangani aksi terorisme misalnya, karena teroris merupakan sipil bersenjata, bukan pasukan reguler atau pasukan pemberontak yang ingin memisahkan diri dari NKRI, maka untuk menangani aksi terorisme personel Polri-lah yang harus turun.

Brimob sendiri adalah unit (Korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru Tua.

Brimob termasuk satuan elit (pasukan khusus) sama seperti Kopassus, Marinir dan Paskhas.

Brimob tergolong sebagai sebuah unit paramiliter negara ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya.

Dikutip dari Wikipedia, Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa.

Halaman
1234
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help