BangkaPos/

Fasilitas dan Layanan Kesehatan Seharusnya Berbenah

Sudah seharusnya rumah sakit berbenah diri baik itu pelayanannya, SOP nya, sumber daya manusia

Fasilitas dan Layanan Kesehatan Seharusnya Berbenah
bangkapos.com/dok
Ketua Ombusman RI perwakilan Babel, Jumli Jamaluddin, Senin (23/5/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Jumli Jamaluddin mengatakan berbagai persoalan yang terjadi baru-baru ini di bidang Kesehatan, seperti ibu yang terpaksa melahirkan di mobil ataupun pemberian obat kadaluarsa bagi pasien, sudah seharusnya rumah sakit berbenah.

"Sudah seharusnya rumah sakit berbenah diri baik itu pelayanannya, SOP nya, sumber daya manusia. SOP itu harus disosilisasikan pada internal mereka, jangan hanya sekedar punya tapi harus diimplementasikan," katanya.

Menurutnya, pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kita juga harus melakukan evaluasi kembali dan respon cepat terkait pelayanan kesehatan yang dialami masyarakat.

"Sudah seharusnya dilakukan pengawasan dan pemantauan secara intensif berkenaan dengan pelayanan kesehatan di Babel," katanya.

Lanjutnya pengawasan internal akan lebih efektif jika betul-betul difungsikan. Unit pengelolaan pengaduan masyarakat yang ada semestinya harus digunakan sehingga dapat merespon cepat keluhan masyarakat dan bisa ditindaklanjuti langsung.

"Pengawasan internal itu penting kalau ada laporan dan pengaduan jadi bisa cepat ditindaklanjuti dan diselesaikan jadi laporan itu tidak menumpuk dan menjadi semakin komplek tanpa ada solusi," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help