Ribuan Warga Tionghoa Padati Kelenteng Sam Po Kong Semarakan Sembayang Bulan

Ribuan masyarakat tumpa ruah di Klenteng Sam Po Kong di Jebu Darat, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga

Ribuan Warga Tionghoa Padati Kelenteng Sam Po Kong Semarakan Sembayang Bulan
bangka pos / Anthoni
Wakil Bupati Babar, Markus menghadiri sembahyang bulan di Klenteng Sam Po Kong di Jebu Darat, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (10/10/2017) tadi malam 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ribuan masyarakat tumpa ruah di Klenteng Sam Po Kong di Jebu Darat, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (10/10/2017) tadi malam.

Mereka merayakan pesta adat dan tradisi sembahyang bulan atau dikenal dalam bahasa Tionghoanya disebut Pat Ngiat Pan. Malam perayaan Pat Ngiat Pan semakin semarak dengan atraksi barongsai.

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, Camat Parittiga Ardi, Sekcam, Kadus Jebu Laut, Kades Kelabat, sesepuh dan tokoh masyarakat Tionghoa turut menghadiri tradisi tahunan tersebut.

Diungkapkan Markus, tahun sebelumnya dirinya dan juga menghadiri tradisi dan pesta adat Pat Ngiat Pan di dusun Jebu Laut Menurutnya tradisi dan pesta adat sembahyang bulan merupakan agenda tahunan pemkab Babar.

Bahkan tahun ini, pemkab menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20.000.000 guna mensukseskan tradisi dan pesta adat Pat Ngiat Pan di dusun Jebu Laut.

"Tahun lalu saya juga hadir di acara sembayang bulan di dusun jebu darat. Dan acara ini sudah menjadi agenda pemkab Babar. Bahkan tahun ini kami menganggarkan Rp 20 juta untuk acara Pat Ngiat Pan ini. Ini sebagai bentuk dukangan pemkab Babar agar tradisi turun temurun warga Thionghoa," ujar Markus, Selasa (10/10/2017) tadi malam.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved