BangkaPos/

KPM Dapat Bantuan Rp 1,8 Juta/Tahun

para penerimanya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.890.000/ tahun, yang dicairkan dalam empat tahapan.

KPM Dapat Bantuan Rp 1,8 Juta/Tahun
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Kasi Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nasution. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dimana para penerimanya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.890.000/ tahun, yang dicairkan dalam empat tahapan.

"Sekali pencairannya itu Rp 500 ribu, KPM ini sistem baru yang nantinya peserta KPM itu dia mendapatkan jaminan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan untuk mengurangi beban kebutuhan sehari-hari, yang nantinya juga akan dikembangkan sebagai penerima rastra, gas subisidi, dan PLN subsidi, ini pengembangannya, jadi semuanya nanti hanya 1 kartu," kata Kasi Jaminan Sosial Dinsos Babel, Nasution, Kamis (12/10/2017).

Program ini merupakan percepatan penanggulangan kemiskinann dan pengembangan sistem jaminan sosial melalui pemberian bantuan tunai bersyarakat kepada keluarag untuk meningkatkan jaminana kesehatan dan pendidikan.

Menurutnya, KPM ini terus didampingi para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan program ini berlangsung selama enam tahun.

Tujuan jangka pendek mengurangi beban pengeluaran. Jangka menengah pendampingan ada kelompok bangun merubah perilaku peserta sekaligus nilai dalam keluarga perilaku, hidup sehat, cerdas.

"Jangka panjang memutus mata rantai kemiskinan antar generasi. Ini berkesinambungan 6 tahun, tapi nanti ada evaluasi kalau memang mereka sudah mandiri maka dikeluarkan dari program ini, dan kalau ada yang baru bisa mengajukan," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help