BangkaPos/

Punya 400 Lebih Bahasa Bisa Jadi Potensi Keunikan Bangsa Indonesia

Sedikitnya saat ini Indonesia memiliki 400 lebih keragaman Bahasa. Ratusan bahasa yang beragam ini menjadi keunikan tersendiri

Punya 400 Lebih Bahasa Bisa Jadi Potensi Keunikan Bangsa Indonesia
IST
Amsuri MSc selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik (tengah) bersama Ahmad Sukri Ahkap MSc selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan (kanan), dan Vega Galanteri SS Ketua Panitia saat acara pembukaan kegiatan Bulan Bahasa di Kampus MAN ICB, (12 /10/2017). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Sedikitnya saat ini Indonesia memiliki 400 lebih keragaman Bahasa. Ratusan bahasa yang beragam ini menjadi keunikan tersendiri Bangsa Indoensia, bisa menjadi penguat nasionalisme kebangsaan.

"Harus bangga Indonesia memiliki keberagaman bahasa yang bisa menjadi potensi keunikan kita. Bahkan ini menjadi dasar kita untuk menguatkan Nasionalisme kebangsaan,”  ujar  Amsuri, MSc, Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik MAN Insan Cendekia Bangka Tengah (ICB) saat membuka Kegiatan Bulan Bahasa di Kampus MAN ICB, Kamis (12/10/2017). 

Amsuri menilai Kegiatan Bulan Bahasa adalah momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas berbahasa. Menurunnya kecintaan akan Bahasa Indonesia di kalangan generasi muda saat ini perlu disikapi dengan cepat, agar Bangsa Indonesia tidak kehilangan jati diri. 

Menurut Ketua Panitia Vega Galanteri SS, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kebahasaan, terutama Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

 "Target kita dengam kegiatan ini siswa MAN ICB  dapat mengeksplorasi kemampuan bahasa mereka dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari," papar Vega. 
Kegiatan ini mengusung tema "Eksplorasi Diri dan Penguatan Bahasa Menghadapi Persaingan Bebas Internasional".

Kegiatan ini  didesain dalam bentuk kompetisi berbahasa antar siswa MAN ICB. Bahasa yang dilombakan tidak hanya Bahasa Indonesia saja, tapi bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa internasional. 

"Kegiatan bulan bahasa ini pertama kali kita laksanakan, dan InsyaAllah akan kita laksanakan setiap tahun. Beberapa lomba yang kita lombakan adalah Debat Bahasa Indonesia dan Inggris, Cerdas Cermat Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab, Duta Bahasa Inggris dan Arab, Baca Puisi, dan Menulis Cerpen," tukas Vega.

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help