BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Dekranasda Babel Gandeng Desainer Untuk Memodernkan Cual

Melati Erzaldi mengatakan akan menggandeng desainer Wignyo Rahadi untuk mendesain cual Babel

Dekranasda Babel Gandeng Desainer Untuk Memodernkan Cual
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Ketua Dekranasda Babel, Melati 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Babel, Melati Erzaldi mengatakan akan menggandeng desainer
Wignyo Rahadi untuk mendesain cual Babel agar bisa digunakan berbagai kalangan.

Wignyo merupakan desainer dan juga pengusaha mode yang menjadikan tenun sebagai ciri khas karyanya. Dengan bantuan Wignyo melati meyakini cual Babel bisa semakin dikenal.

"Beliau ini kan memang spesialis ke tenun dan bahan-bahan etnik, selama ini membuat sergam ke presidenan. Jadi saya pikir akan menyerap dan memodifikasi cual sehingga lebih modern dan terima seluruh masyarakat," kata Melati, Jum"at, (13/10).

Ia menilai cual sejauh ini hanya identik dikenakan ibu-ibu, dirinya menginginkan cual Babel dapat dimodifikasi dalam bentuk celana atau baju, tanpa menghilangkan esensi dari nilai cual dan juga diminati para anak-anak hingga dewasa.

Dirinya tak menutup mata bahwa Cual Babel hanya digunakan untuk acara-acara formal, selain itu harganya juga masih relatif mahal.

Menurutnya, saat ini cual babel yang merupakan warisan budaya terancam punah seiring tidak adanya penenun dan juga tidak begitu dikenal kaum muda.

"Cual Ini mau kita masukkan dalam pelajaran Mulok jadi generasi muda itu tau dan ikut melestarikan, ini hampir punah karena pengrajin kita itu se Babel hanya ada sekitar 39 orang dan ini kebanyakan sudah sepuh, ada dua yang senior di Bangka Barat," ujarnya.

Menurutnya, proses tenun cual juga sulit, selain itu bahan bakunya juga masih didatangkan dari luar, hal inilah yang membuat harga cual memang masih tinggi.

"Ini kan proses tenunnya sulit, dan memang lama, ada nilai historis juga. Nanti kita akan coba modifikasi ini, dan dekranasda memang punya program branding cual," katany.

Melati juga meminta istri-istri kepala daerah di Babel untuk menjadi duta cual dan gencar mensosialisasikan cual, dengan mengenakan cual pada setiap kesempatan.

"Kalau ini dilakukan masif, istri-istri kepala daerah pakai cual kemudian mengajak yang ada di masing-masing daerah mereka ini menjadi awal mereka dulu misalnya suaminya juga pakai cual pada event-event," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help