BangkaPos/

IIKT PT Timah Tes IVA dan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

IIKT bekerjasama dengan RSBT PT Timah melakukan sosialisasi sekaligus pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara secara gratis.

IIKT PT Timah Tes IVA dan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara
Bangkapos.com
Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) PT Timah (Persero) Tbk bekerjasama dengan RSBT PT Timah melakukan sosialisasi sekaligus pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara secara gratis. 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) PT Timah (Persero) Tbk bekerjasama dengan RSBT PT Timah melakukan sosialisasi sekaligus pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara secara gratis.

Sosialisasi disampaikan narasumber Dr Nazif Sp OG dari RS Medika Stania Sungailiat berupa Tes IVA dan Deteksi Dini Kanker Serviks (rahim), Kamis (12/10) berlangsung di Graha Timah Kantor PT Timah (Persero) Tbk Pangkalpinang.

Hadir pada acara yang bertema ‘Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara’ ini, Ratnawati Jonan istri Menteri ESDM, Ketua Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) Elise Riza Pahlevi Thabrani, Pengurus Tim Penggerak PKK Babel, Ketua Tim Penggerak PKK Pangkalpinang Dessy Ayu Trisna.

Berbagai pengurus organisasi wanita se-Babel seperti Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, Bhayangkari, Istri Prajurit Angkatan Udara PIA Ardhya Garini turut hadir dalam acara ini.

Ketua IIKT PT Timah (Persero) Tbk, Elise Riza Pahlevi Thabrani menjelaskan kegiatan ini merupakan program pusat agar wanita Indonesia ikut Tes IVA. Hal ini dilakukan agar bebas dari kanker serviks dan kanker payudara.

“Kita harus kolaborasi agar Indonesia ini benar-benar mewujudkan negara yang sehat, wanita yang sehat. Dengan mengikuti pemeriksaan ini berguna bagi anak, keluarga dan mendukung suami serta program pemerintah,” jelasnya.

Adapun target dalam kegiatan ini sebanyak 400 orang. Namun yang mendaftar dan ikut pemeriksaan Tes IVA sebanyak 496 orang.

Ditambahkan Elise, yang ikut pemeriksaan ini adalah istri karyawan yang ada di lima wilayah kerja PT Timah, di Pangkalpinang, Muntok, Belinyu, Sungailiat dan Toboali serta masyarakat umum, PNS, ibu-ibu tergabung dalam organisasi wanita di Babel dan guru -guru di bawah naungan PT Timah.

Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Dessy Ayu Trisna menyambut baik dengan digelarnya pencegahan dini kanker serviks dan kanker payudara yang digelar IIKT.

Bahkan Dessy mengemukakan, di wilayah Kota Pangkalpinang melalui TP PKK melakukan sosialisasi yang dilakukan setiap minggu.

“Setiap minggu melalui Tim Penggerak PKK sosialisasi ditargetkan sekitar 50 orang. Dalam hal ini menggandeng ibu lurah dan Tim Penggerak PKK agar ibu-ibu mau ikut periksa serviks,” paparnya.

Peserta yang ikut Tes IVA dan Papsmear, Yayuk Hapsari (38) mengemukakan, pemeriksaan IVA dan Papsmear terhadap wanita sangat penting. Karena kanker serviks merupakan salah satu silent killer dan tidak terdeteksi di awal. Namun dengan tiba-tiba sudah mencapai stadium.

Deteksi dini Tes IVA dan Papsmear sangat diperlukan oleh setiap wanita.

“Dengan melakukan deteksi dini, maka bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya kanker rahim,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga Rumah Sakit Bhakti Timah, RS Medika Stania Sungailiat dan Klinik Pratama melakukan cek kesehatan kolesterol, asam urat, tensi darah serta konsultasi kesehatan. (adv/rya/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help