BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Siswa SMAN 1 Belinyu Dilatih Jiwa Wirausaha Melalui Budidaya Lele

Para siswa SMAN 1 Belinyu kelas 10 berjumlah 10 kelompok melakukan usaha budidaya ikan lele

Siswa SMAN 1 Belinyu Dilatih Jiwa Wirausaha Melalui Budidaya Lele
bangkapos.com/Edwardi
Kabid Pengelolaan Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kab. Bangka Tri Rachmawati memberikan penyuluhan tata cara budidaya ikan lele kepada siswa kelas 10 SMAN 1 Belinyu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Para siswa SMAN 1 Belinyu kelas 10 berjumlah 10 kelompok melakukan usaha budidaya ikan lele dengan memanfaatkan drum plastic bekas. Masing-masing kelompok dimodali Rp 1 juta untuk memulai usahanya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Belinyu, Abdul Rani Atom kepada Bangkapos.com, Selasa (10/10/2017) menjelaskan sekolahnya mendapatkan program untuk melatih dan mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa.

“Salah satu usaha yang kita ingin latih kepada siswa usaha budidaya lele dalm drum plastic, selain itu ternak burung puyuh, usaha kuliner dan lainnya,” jelas Abdul Rani seraya berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal siswa kemudian hari.

Ditambahkannya, dasar pemikiran kegiatan ini melihat sinyalemen bahwa banyak siswa SMA yang tidak bisa melanjutkan lagi ke perguruan tinggi, karena berbagai alasan, seperti tidak ada biaya dan lainnya.

“Karena itu anak-anak ini perlu kita bekali dengan kemauan berwirausaha agar mampu meningkatkan perekonomian keluarganya suatu saat nanti,” ujarnya.

Untuk melatih siswa belajar budidaya ikan lele ini, pihak sekolah mengundang petugas dari Dinas Perikanan, Tri Rachmawati (Kabid Pengelolaan Perikanan Budidaya) dan pengurus UPP Perikanan Budidaya Kabupaten Bangka memberikan penyuluhan mengenai tata cara budidaya ikan lele.

“Kita sangat senang siswa kelas 10 SMAN 1 Belinyu memilih usaha budidaya pembesaran ikan lele ini dan perlu kita dukung dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan supaya berhasil,” kata Tri.

Ditambahkannya dari penyuluhan ini diharapkan melatih siswa belajar menganalisa usaha sehingga bisa meraih keuntungan dengan modal yang terbatas.

“Dengan memelihara lele di pekarangan sekolah, siswa diharapkan dapat mengambil keuntungan lebih untuk menanam tanaman sayuran yang nantinya disiram dengan air buangan bekas pemeliharaan lele sebagai pupuk organic,” jelas Tri.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help