Kabupaten Butuh 20 Juta Bibit Bakau, Bupati Ajak Gerakan Menanam Mangrove

Pada tahun 2018 ini akan dianggarkan dana lebih besar untuk penanaman bakau.

Kabupaten Butuh 20 Juta Bibit Bakau, Bupati Ajak Gerakan Menanam Mangrove
Bangkapos/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama anak-anak nelayan menanam bakau, Minggu (15/10/2017) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKSPOS.COM,BANGKA-Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, Kabupaten Bangka masih butuh 20 juta bibit bakau untuk ditanam.

Pasalnya kawasan Teluk Kelabat di Pejem, Sungai Menduk, Desa Kotawaringin hingga pesisir Kabupaten Bangka banyak yang telah rusak.

"Tidak cukup 2 juta bibit bakau. Untuk itu perlu gerakan masyarakat secara menyeluruh tidak hanya gerakan masyarakat sehat tetapi juga gerakan masyarakat menanam magrove. Ini untuk anak cucu kita ke depan," kata Tarmizi ketika melakukan penanaman bakau yang diselenggarakan Kompi Senapan B Yonif 141 AYJP Bangka bekerjasama dengan Polres Bangka, DPC HNSI Kabupaten Bangka dan Komunitas Wartawan Bangka (KWB), Minggu (15/10/2017) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat.

Saat ini menurutnya baru sekitar 120.000 bibit bakau yang sudah ditanam sehingga masih perlu penanaman kembali.
Untuk itu perlu juga melibatkan kerjasama dengan BPDAS dalam menanam mangrove ini.

Mengenai bakau yang sudah ditanam tetapi dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ditegaskannya masyarakat sudah berbuat daripada tidak ada penanaman sama sekali.

Nanti masyarakat sendiri yang menilainya dan seharusnya menjaga agar bakau yang sudah ditanam di jaga dan dirawat karena manfaat yang besar juga bisa dirasakan masyarakat.

"Mereka akan melihat fungsinya. Dulu kolong tidak dimanfaatkan sekarang sudah dimanfaatkan. Jadi kita berprasangka baik dengan siapa pun lah," kata Tarmizi.
Apalagi TNI/Polri sudah ikut pemerintah daerah sehingga bisa ikut menjaga.

Untuk itu pada tahun 2018 ini akan dianggarkan dana lebih besar untuk penanaman bakau.

Pemkab Bangka juga akan membangun rumah layak huni bekerjasana dengan Polri, jalan dengan TNI AD dan rumah susun dengan TNI AL agar adanya gerakan TNI/Polri yang menyeluruh untuk penanaman mangrove.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help