Cukup Penuhi Syarat Ini, Partai Politik Sudah Lolos

Untuk mendaftarkan partai politiknya sebagai peserta pemilu 2019 mendatang sebenarnya tidak terlalu sulit.

Cukup Penuhi Syarat Ini, Partai Politik Sudah Lolos
bangkapos.com/hendra
Ketua KPU Pangkalpinang menerima pendaftaran dari pengurus DPC Partai Garuda Pangkalpinang, Senin (16/10/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Untuk mendaftarkan partai politiknya sebagai peserta pemilu 2019 mendatang sebenarnya tidak terlalu sulit.

Hanya ada beberapa persyaratan saja yang mutlak harus dipenuhi oleh partai politik lama maupun partai politik yang baru.

Divisi Hukum, KPU Pangkalpinang, M. Atobi AB kepada bangkapos.com, Senin (16/10/2017) menjelaskan bahwa persyaratan pendaftaran keanggotaan partai diatur dalam PKPU No. 11 tahun 2017 pasal 17 ayat 3 dan berdasarkan surat edaran KPU RI no. 580 tahun 2017.

Berkas hard kopi yang kurang dari jumlah keanggotaan yang terdaftar di sistem infomasi politik (sipol) bisa diterima pendaftarannya dengan syarat minimal keanggotan parpol 1/1000 dari jumlah penduduk.

“Kalau untuk di Pangkalpinang jumlah penduduknya berdasarkan SK KPU RI yang diterima kemendagri sebanyak 207.420. Jadi kalau 1/1000, jumlah keanggotaan minimal cukup 207 keanggotaan sudah bisa mendaftar. Tapi harus dilengkapi dengan KTA dan KTP. Kurang dari itu tidak bisa diterima pendaftarannya,” jelas Atobi.

Penulis: Hendra
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved