Pemilu 2019, PDI Perjuangan Babel Melebihi Batas Minimal

DPC se Babel mendaftarkan keanggotaan partai lebih dari ketentuan batas minimal, bahkan Bangka Barat 700 lebih,

Pemilu 2019, PDI Perjuangan Babel Melebihi Batas Minimal
IST
Ketua DPC PDI Perjuangan Bangka, Parulian bersama pengurus DPC menyerahkan berkas pendaftaran partai di KPUD Bangka, Minggu 15 Oktober 2017. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se Bangka Belitung merampungkan berkas pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019. Sehari menjelang penutupan pendaftaran, Minggu (15/10/2017), Dewan Pimpinan Cabang PDIP Bangka Barat dan Bangka mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing guna menyerahkan berkas syarat pendaftaran parpol.

"Laporan dari setiap DPC jika hari ini, Minggu 15 Oktober semua DPC PDI Perjuangan sudah merampungkan pendaftaran ke KPU dan dari pemeriksaan petugas KPU, berkas dinyatakan lengkap. Seluruh DPC se Babel mengikuti intruksi DPD jika minggu untuk menyelesaikan pendaftaran," kata Didit Srigusjaya, Ketua DPD PDI Perjuangan Babel melalui rilis resmi dari Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan Babel, Albana.

Sehari sebelumnya, kata Didit, DPD PDI Perjuangan Babel menggelar rapat dengan seluruh DPC untuk mengevaluasi proses pendaftaran partai di KPU.

Dari Laporan setiap DPC, Bangka dan Bangka Barat yang belum menyerahkan persyaratan ke KPU. Sedangkan DPC Pangkalpinang sudah mendaftar ke KPU namun berkas belum lengkap.

"Hari ini semuanya sudah selesai, termasuk DPC Pangkalpinang yang sempat dikembalikan berkasnya oleh KPU sudah lengkap. Sedangkan DPC Bangka Tengah dan Belitung sudah lebih dahulu selesai dan DPC Belitung hari Sabtu sudah menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran," ujar Didit.

Dari tujuh DPC PDI Perjuangan se Babel, Bangka Barat yang paling banyak mendaftarkan keanggotaan partainya melalu Sistem Informasi Parpol (Sipol) milik KPU secara online, yakni 700 lebih anggota.

Jumlah tersebut tiga kali lipat dari syarat minimal anggota yang ditetapkan UU, yakni 1/1000 dari jumlah penduduk.

"Sesuai undang-undang di Babel ini yang paling banyak ketentuan keanggotaan parpol itu di Bangka, yakni 300 lebih. Tapi DPC se Babel mendaftarkan keanggotaan partai lebih dari ketentuan batas minimal, bahkan Bangka Barat 700 lebih, tiga kali lipat dari batas minimal. Hal ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan paling siap. Kami menunggu verifikasi administrasi dan faktual berkas pendaftaran oleh KPU. Jika masih ada yang kurang, ada masa perbaikan, kami akan penuhi aturan mainnya," tukas Didit.

Penulis: teddymalaka
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help