BangkaPos/

Foto-foto: Pesona Sungai Upang, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Bangka

Sungai Upang di Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka memiliki biodiversity dan juga alamnya yang mempesona.

Foto-foto: Pesona Sungai Upang, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Bangka
Ist
Pesona dan eksotisme Sungai Upang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sungai Upang yang merupakan bagian dari Sungai Jeruk di Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka memiliki biodiversity dan juga alamnya yang mempesona.

Melihat pesona Sungai Upang Bangka Flora Society (BFS) bersama pemuda dan Pemerintah Desa Tanah Bawah mencoba menggali potensi yang ada di Sungai Upang agar tetap dijaga dan dikelola sehingga bisa menjadi sungai yang terjaga habitatnya dari kerusakan akibat ulah manusia. 

Sungai Upang
Sungai Upang (ist)

Selain itu juga Sungai Upang memiliki potensi untuk dapat menjadi tempat wisata perairan/sungai dengan keindahan alam sekitar dan keragaman biota airnya.

Untuk mengawali kegiatan tersebut BFS bersama Pemuda dan Pemerintah Desa Tanah Bawah mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk menggugah partisipasi dan peran serta masyarakat disekitar sungai khususnya yaitu perkemahan Sabtu Minggu, pada Sabtu (14/10/2017) lalu.

Sungai Upang
Sungai Upang (Ist)

Perkemahan ini dikemas oleh BFS sekaligus dalam rangka World Habitat Day (peringatan Hari Habitat Sedunia) yang biasa diperingati setiap tanggal 3 Oktober.

Kemah yang bertajuk Kemah Remaja Peduli Habitat ini diikuti sekitar 100 peserta berasal dari pemuda/karang taruna dan masyarakat Desa Tanah Bawah juga diikuti oleh beberapa perwakilan siswa dari SMP yang ada di puding besar dan juga siswa sekolah alam binaan BFS.

Sungai Upang
Sungai Upang (Ist)

Menurut Dian Rossana Anggraini selaku penanggungjawab dan juga penggagas perkemahan, kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dan pemahaman kepada semua masyarakat Desa Tanah Bawah khususnya untuk bersama menjaga habitat Sungai Upang.

"Sungai Upang yang memang belum pernah terekspos akan eksotiknya dengan keragaman biota sungai yang dikemudian hari untuk dapat dan terus dikembangkan menjadi sebuah daerah Wisata Sungai. Mungkin baru ini sungai di Babel dicoba untuk dikelola menjadi sebuah tempat wisata serta menikmati kuliner tradisional Bangka dengan lauk ikan asli Sungai Upang," ungkap Dian kepada bangkapos.com, Selasa (17/10/2017).

sungai upang
sungai upang (istimewa)

Diakuinya kegiatan yang dilakukan BFS mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Desa Tanah Bawah.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help