Rumah Pengabdi Setan Mendadak Ramai Dikunjungi Wisatawan

Rumah berlantai dua dengan gaya vintage itu diperkirakan telah berdiri sekitar dua abad yang lalu.

Rumah Pengabdi Setan Mendadak Ramai Dikunjungi Wisatawan
Tribun Jabar/Yudha Maulana
Bagian luar rumah kayu milik PTPN VIII yang dijadikan lokasi syuting Pengabdi Setan 2017. 

BANGKAPOS.COM - Film remake "Pengabdi Setan" membuat rumah kayu milik PTPN VIII di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, mendadak ramai dikunjungi orang.

Kebanyakan, yang datang penasaran untuk mengetahui bentuk asli dari lokasi syuting film besutan Joko Anwar tersebut.

Rumah berlantai dua dengan gaya vintage itu diperkirakan telah berdiri sekitar dua abad yang lalu.

//

Lokasinya berada di wilayah perkebunan milik PTPN VIII, tepatnya di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

//

Baca: Siswi Tewas Disambar Bus Usai Gagal Salip Truk Pasir

Jauh dari cerita bahwa rumah tersebut berada di tengah hutan, faktanya, rumah yang diperuntukan untuk pejabat PTPN itu berada di pemukiman warga.

Jarak antara rumah tersebut dengan rumah lainnya tak lebih dari 50 meter.

Karyawan PTPN VIII, Dadang Somantri (39) membantah kabar yang menyatakan bahwa rumah tersebut tak berpenghuni berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Lokasi tangga di tengah rumah, diambil dengan bantuan blitz kamera
Lokasi tangga di tengah rumah, diambil dengan bantuan blitz kamera (Tribun Jabar/Yudha Maulana)

"Terakhir diisi tahun 2016, rumah ini diperuntukan untuk pejabat PTPN minimal kepala bagian. Namun, karena pejabatnya sering dimutasi oleh atasannya, jadinya paling lama ditinggali sekitar empat sampai enam bulan, baru kemudian ganti lagi pejabatnya," kata Dadang, Minggu (15/10).

Bagi yang pernah menonton filmnya, dalam pikiran pasti bakal langsung terbayang ngerinya, sosok Ibu yang diperankan oleh aktris, Ayu Laksmi, begitu melihat rumah tersebut.

Terlihat dari luar, dinding kayu dari rumah tersebut kusam, seperti ditinggalkan beberapa puluh tahun yang lalu.

Langit-langitnya menganga karena termakan usia. Masih terlihat lubang bekas kuburan yang digunakan untuk kebutuhan film.

Hawa sejuk langsung terasa ketika masuk ke rumah tersebut, pasalnya rumah tersebut memiliki langit-langit yang tinggi dengan ventilasi yang baik khas arsitektur Eropa.

Tidak ada furniture apapun, kecuali sofa dan meja di ruang tamu yang digunakan petugas.

Di lantai pertama, terdapat juga dapur, sementara di bagian belakang terdapat dua ruangan, salah satunya adalah sumur yang menjadi lokasi dari adegan yang dimana "Hantu Ibu" menarik salah satu pemain untuk ikut tercebur.

Di tengah rumah, ada tangga yang membawa ke lantai atas. Kondisinya begitu gelap, kurang penerangan, lantaran genteng kaca nan kusam dan dipenuhi jaring laba-laba, sehingga cahaya tak bisa masuk.

Lokasi sumur di tengah rumah kayu milik PTPN VIII yang dijadikan lokasi syuting Pengabdi Setan 2017.
Lokasi sumur di tengah rumah kayu milik PTPN VIII yang dijadikan lokasi syuting Pengabdi Setan 2017. (Tribun Jabar/Yudha Maulana)

Di lantai kedua, terdapat dua ruangan, salah satuya ruangan yang menjadi lokasi terbaringnya Ibu sebelum menemui ajalnya.'

Lokasi ini menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto, kamar ini langsung terhubung dengan balkon yang sudah reyot lantainya.

Baca: Ratu Meta Akui Punya Hubungan Spesial dengan Suami Nafa Urbach

Ruangan lainnya, merupakan kamar tidur Bondi diperankan Nasar Annuz dan Ian yang diperankan M Adiyat. Pengunjung pun berbondong-bondong berswafoto di sana.

"Sabtu Minggu pengunjungnya banyak, hari biasa ada cuman tidak sebanyak Hari Sabtu dan Minggu, kebanyakan yang datang masih orang Bandung juga," katanya. (Tribun Jabar/Yudha Maulana)

Berita ini sudah tayang di Tribun Jabar dengan judul: Ini Fakta-fakta ''Rumah Pengabdi Setan'' di Pangalengan yang Mendadak Ramai Dikunjungi Orang

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help