Pria Botak Ternyata Dianggap Lebih Percaya Diri dan Maskulin, Begini Penjelasannya

Ini karena pria tanpa rambut atau botak mendapat nilai tinggi dalam hal daya tarik, terlihat lebih dominan dan dominan terhadap wanita.

Pria Botak Ternyata Dianggap Lebih Percaya Diri dan Maskulin, Begini Penjelasannya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Musisi Ahmad Dhani 

BANGKAPOS.COM -- Tahukah anda, salah satu proses penuaan yang terjadi pada pria adalah hilangnya rambut yang menyebabkan terjadinya kebotakan. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh periset dari University of Pennsylvania, pria yang memilih untuk botak atau mencukur rambut mereka sebenarnya lebih percaya diri dan maskulin dibanding pria berambut.

Hal itu diketahui setelah mengumpulkan siswa laki-laki dan perempuan untuk mengevaluasi beberapa gambar laki-laki, data survei menunjukkan hasil yang berlawanan dari kepercayaan publik.

Ini karena pria tanpa rambut atau botak mendapat nilai tinggi dalam hal daya tarik, terlihat lebih dominan dan dominan terhadap wanita.

Menurut The Independent, sebagaimana dikutip dari laman utaranews, kriteria tersebut terbagi dalam tiga bagian, yaitu daya tarik, kepercayaan dan dominasi secara keseluruhan.

Seperti yang dikatakan, individu yang botak secara alami berani dalam segala hal, sementara mereka yang rambutnya tipis masih dinilai lebih baik daripada rambut tebal. 

Selain dianggap lebih cenderung, kebotakan juga bisa membuat pria terlihat lebih tinggi dari tinggi tubuhnya yang sebenarnya.

Berdasarkan hasil penelitian, saat membandingkan kepala yang dicukur dengan kepala berbulu, pria botak tampak setinggi satu inci dari tinggi aslinya dan 13% lebih kuat.

Tapi, karena hanya rambut yang berubah dalam gambar, faktor lain tidak bisa menjelaskan bedanya.

Sementara itu, peneliti juga membagikan teori mereka tentang mengapa pria botak lebih dikenal dari rekan mereka yang lain.

Memilih untuk mengenyampingkan seseorang itu disebabkan karena rambutnya bisa dikatakan sebagai perilaku yang tidak mencolok, suatu bentuk penjelasan tentang informasi penilaian diri yang sulit.

Selain itu, mereka juga mendorong pria botak untuk bangga dengan penampilan mereka daripada mencari beberapa cara untuk memulihkan rambut mereka.

Dari menghabiskan ribuan uang setiap tahun untuk mendapatkan atau menyembuhkan rambut rontok, penelitian resep yang berlawanan ini menyarankan seorang pria berambut tipis untuk mencukur rambut mereka. (*)

Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved