UKM di Desa Bintet Terkendala Mesin Produksi

Banyak UMKM di Desa Bintet Kecamatan Belinyu, sampai saat ini terkendala peralatan untuk produksi bahan baku kuliner.

UKM di Desa Bintet Terkendala Mesin Produksi
bangkapos/Riyadi
Kades Bintet Dafid Irwanto. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banyak UMKM di Desa Bintet Kecamatan Belinyu, sampai saat ini terkendala peralatan untuk produksi bahan baku kuliner.

Dengan kondisi itu, Pemdes Bintet membuat program yang lebih menyentuh aspek pemberdayaan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakatnya yang menggeluti UMKM.

"Desa Bintet memiliki program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang siap direalisasikan di 2017 ini. Bentuk programnya adalah bantuan mesin giling, untuk produksi makanan atau kuliner khas di Belinyu yang bahan bakunya dari udang dan ikan," kata Kades Bintet Dafid Irwanto kepada bangkpos.com Rabu (18/10/2017).

Dikatakan Dafid, mereka yang akan mendapatkan bantuan mesin giling, yakni kelompok usaha kategori UMKM atau UKM yang selama ini masih terkendala peralatan produksinya.

"Desa kami memiliki potensi atau sektor perikanan, banyak warga sudah lama memiliki usaha skala kecil membuat kemplang udang dan ikan, tapi mereka terkendala mesin penggiling, sehingga usaha mereka berjalan di tempat, selama ini kalau menggiling ikan dan udang harus ke tempat penggilingan, jadi dengan bantuan mesin giling nanti mereka bisa lebih berkembang dan produktif," ujar Dafid.

Bantuan mesin giling ikan dan udang, akan dilakukan secara bertahap ke setiap kelompok usaha.

Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help