Pemerintah Naikan Cukai Rokok 10,4 Persen, Berlaku Awal 2018

Para perokok di Indonesia mengkerutkan dahinya ketika pemerintah dipastikan menaikan cukui hasil tembakau. Harga rokok bakal naik

Pemerintah Naikan Cukai Rokok 10,4 Persen, Berlaku Awal 2018
http://dokita.co/
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Para perokok di Indonesia mengkerutkan dahinya ketika pemerintah dipastikan menaikan cukui hasil tembakau. Akibat dari pemberlakuan kenaikan tersebut, kemungkinan harga rokok bakal mengalami kenaikan.

Pemerintah memutuskan akan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (cukai rokok) pada tahun 2018 mendatang. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan, kenaikan tarif cukai yang diterapkan 10,04%.

Kenaikan tarif cukai tersebut dilakukan dengan empat pertimbangan.

Pertama, aspek kesehatan dan konsumsi rokok yang perlu dikendalikan.

Kedua, mencegah peredaran rokok ilegal.

Ketiga, kesempatan kerja masyarakat terutama buruh tani dan buruh perusahaan rokok. Sedangkan pertimbangan keempat, penerimaan negara.

Kepala Bidang Kebijakan Kepabeanan dan Bea Cukai, Kementerian Keuangan Nasruddin Djoko Surjono mengatakan, berdasarkan penghitungan BKF dengan kenaikan tarif itu akan terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi sekitar -0,05%, dengan asumsi transmisi langsung ke rumah tangga.

Namun asumsi ini masih perlu dilihat kembali.

“Karena secara tidak langsung sebenarnya penurunan ini akan di-offset dengan barang substitusi lain yang lebih sehat,” katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (19/10/2017).

Sementara itu, kenaikan tarif itu rata-rata memberikan tambahan inflasi sebesar 0,3% yang tersebar dalam 12 bulan.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help