BangkaPos/

Begini Menurut Adet Untuk Menerbitkan Izin Pertambangan

Ketua Komisi I DPRD Babel, Adet Mastur menjelaskan bagaimana pemerintah daerah bisa mengeluarkan izin pertambangan

Begini Menurut Adet Untuk Menerbitkan Izin Pertambangan
bangkapos.com/dok
Ketua Pansus Kepemudaan, Adet Mastur. Selasa (17/10/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Komisi I DPRD Babel, Adet Mastur menjelaskan bagaimana pemerintah daerah bisa mengeluarkan izin pertambangan, baik IUP, IPR ataupun IUPK.

Berdasarkan Undang-Undang No.4 Tahun 2009 tentang Minerba, kata Adet pemerintah harusnya menetapkan dulu daerah yang akan ditambang tersebut sebagai wilayah pertambangan (WP).

“Untuk menetapkan wilayah pertambangan ini harus berkoordinasi juga dengan DPRD kemudian diterbitkan perdanya. Seperti perda zonasi yang sampai saat ini masih dibahas,” kata Adet Mastur kepada bangkapos.com, Jumat (27/10).

Lanjut Adet, setelah ditetapkan sebagai wilayah pertambangan dan perda, pemerintah melakukan ekplorasi serta pemetaan untuk mengetahui cadangan mineral yang ada.

Data hasil ekplorasi atau pengeboran tersebut dijadikan dasar untuk dilakukan pelelangan baik kepada perusahaan ataupun masyarakat.

“Kalau sudah dilelang dan jelas data cadangan di baru diterbitkan IUP, IPR ataupun IUPK. Jangan sampai penambang rugi kalau menambang yang cadangan mineralnya minim,” kata Adet.

Baru-baru ini Gubernur Babel menerbitkan 30 izin pertambangan rakyat (IPR) di wilayah Bangka Tengah. Bahkan direncanakan dalam waktu dekat akan diterbitkan lagi 1.200 IPR.

Menurut Adet, IPR yang diterbitkan oleh Gubernur, meskipun belum ada penetapan wilayah pertambangan tidak akan menjadi masalah.

Pasalnya, Perda Zonasi sebagai dasar menetapkan IPR tersebut tidak juga kelar. Akhirnya hanya menggunakan pergub No. 23 tahun 2017.

“Dasarnya perda zonasi juga untuk menetapkan wilayah pertambangan. Sampai sekarang perda zonasinya belum selesai. Jadi bubernur bebas saja terbitkan izin pertambangan rakyat, ini juga untuk kepentingan rakyat,” ujar Adet.

Penulis: Hendra
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help