BangkaPos/

Ketua DPRD Beltim Berkilah Ditanya Pilihannya Kendaraan Dinas atau Tunjangan Transportasi

Menurut dia pada dasarnya setiap anggota dewan sebenarnya berhak mendapatkan mobil dinas.

Ketua DPRD Beltim Berkilah Ditanya Pilihannya Kendaraan Dinas atau Tunjangan Transportasi
bangkapos.com/dok
Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Konsekusensi dari naiknya tunjangan transportasi anggota DPRD Beltim berdasarkan PP Nomor 18 tahun 2017 adalah ditariknya kendaraan dinas yang digunakan oleh Alat Kelengkapan Dewan (ketua komisi hingga pimpinan dewan).

Ditanya soal pilihan apakah akan tetap menggunakan kendaraan dinas atau menerima tunjangan transportasi, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun berkilah tak menjawab.

"Itung-itungan nantilah itu," ujarnya sambil terkekeh, Senin (30/10/2017)

Tom mengatakan, tunjangan transportasi sebenarnya bersifat optional.

Menurut dia pada dasarnya setiap anggota dewan sebenarnya berhak mendapatkan mobil dinas.

Namun, terbatasnya keuangan daerah menyebabkan hanya alat kelengkapan dewan yang mendapatkan fasilitas ini. "kalau pakai mobil dinas, jelas dia tidak dapat tunjangan transportasi," ujarnya.

Diperkirakan, pendapatan seorang anggota dan pimpinan DPRD Beltim akan bertambah hingga Rp 12,5 juta rupiah. Satu di antaranya adalah adanya kenaikan tunjangan transportasi.

Bertambahnya pendapatan seorang anggota dan pimpinan dewan ini disebabkan adanya penyesuaian hak keuangan dan administrasi anggota dan pimpinan DPRD Beltim menyesuaikan dengan PP nomor 18 tahun 2017. Saat ini Pemkab Beltim sedang membahas besaran angkanya untuk kemudian ditetapkan di dalam Perbup Beltim.

Menurut Tom,, setelah Perbup tentang Hak Keuangan dan Administratif Anggota dan Pimpinan DPRD Beltim diiteken nantinya, hak Keuangan dan administrasi Anggota dan pimpinan Dewan akan dibayarkan sejak Perda-nya diketok yakni 14 agustus 2017. Tom menyebut, hal ini berdasarkan konsultasi DPRD Beltim ke Kemendagri. "Ini berarti (dibayarkan) sejak Agustus sampai Desember," kata dia.(*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help