Nelayan Teluk Kelabat Larang Ponton TI Apung Keluar dari Sungai Perimping

Teluk Kelabat yang satu arah dengan muara DAS Perimping, terus dipantau, jadi jangan berharap TI apung mau keluar dari sungai dan masuk ke teluk.

Nelayan Teluk Kelabat Larang Ponton TI Apung Keluar dari Sungai Perimping
Ist/polres bangka
Ponton TI apung di DAS Perimping yang dirazia oleh Jajaran Satpolair Polres Bangka beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Nelayan di pesisir Teluk Kelabat di wilayah Kabupaten Bangka Barat, mewanti-wanti ke para penambang ilegal di Tambang Inkonvensional (TI) apung agar jangan berani-berani keluar dari DAS Perimping untuk masuk dan melintas perairan Teluk Kelabat.

Perwakilan Nelayan dan Masyarakat Desa Pusuk Kecamatan Kelapa, Maryono menegaskan hal tersebut, Senin (30/10).

"Kami kalau malam lebih banyak di teluk (mukat ikan dan udang di Teluk Kelabat), siang nelayan kami juga masih banyak di teluk, tapi kami sebenarnya juga mengawasi teluk kami, kalau sampai ada ponton TI apung dari Perimping keluar sungai dan masuk ke teluk, jangan salahkan kami, kalau nanti terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terhadap ponton-ponton TI apung itu," tegas Maryono kepada bangkapos.com Senin (30/10).

Dikatakan Maryono, Teluk Kelabat yang satu arah dengan muara DAS Perimping, terus dipantau, jadi jangan berharap TI apung mau keluar dari sungai dan masuk ke teluk.

Berbeda dengan masyarakat di sekitar DAS Perimping, yang terus menekan TI apung agar segera keluar dari sungai itu dan jangan melakukan kegiatan tambang lagi.

"Hari ini sebenarnya kami akan menyisir ponton-ponton TI apung dengan penambang dari luar daerah keluar dari sungai, tapi rencana itu kami lakukan, kalau nanti aparat turun, kami akan gabung dengan aparat," jelas perwakilan masyarakat dan nelayan sekitar DAS Perimping, Amirudin.

Dikatakan Amirudin, hari Sabtu (28/10) kemarin, nelayan dan warga di sekitar DAS Perimping termasuk Pusuk, Beruas dan Tuik, sudah melakukan koordinasi bersama, soal pembersihan Sungai Perimping dari aktivitas TI apung.

Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved