Waspada Aktivitas di Gadget Mulai Terpantau

Pengguna ponsel aktif nampaknya harus mulai bijak dalam menggunakan peranti teknologi komunikasi ini

Waspada Aktivitas di Gadget Mulai Terpantau
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik diskominfo Babel, Ahmad Fauzan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pengguna ponsel aktif nampaknya harus mulai bijak dalam menggunakan peranti teknologi komunikasi ini, lantaran saat ini semua aktivitas yang dilakukan dalam ponsel mulai terpantau.

Tidak hanya berselancar di dunia Maya, namun akses telepon, sms maupuan Aplikasi chatting dan panggilan lainnya akan mudah terpantau melalui sistem kementerian komunikasi dan informatika melalui registrasi ulang nomor ponsel.

Hal ini diutarakan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Babel, Ahmad Fauzan.

Fauzan berharap masyarakat jangan sampai mengirim pesan atau menyebarakan pesan yang berbau sara, menebar kebencian ini karena ini akan terdeteksi dan bisa dikenakan hukuman berdasarkan Undang-Undang ITE.

"Yang paling penting ini masyarakat bisa terkendali dan ditelusuri penggunaan kartunya makanya harus bijak dalam menggunakkanya, dan didapat jumlah ril data penggunaan jaringan telekomunikasi berapa banyak di negara kita," jelasnya.

Disinggung, apabila ada penyalahgunaan nomor telepon yang pelakunya bukan orang bersangkutan, menurutnya ini dapat dilakukan karifikasi.

"Misalnya nomor ilang, lalu disalahgunakan orang dan memanfaatkanya untuk menyebarluaskan yang tidak baik, mereka bisa mengklarifikasi, makanya data dan ponsel ini betul-betul disimpan, ini enggak bisa registrasi sembarangan karena menginduk ke data kemendagri, dan kalau data palsu ini tidak bisa teregistrasi," harapnya.

Ia juga mengimbau agar pengguna ponsel yang sudah melek internet, untuk dapat membantu meregistrasi yang belum melek internet.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help