BangkaPos/

Neo Mentilin Mobil Hemat Energi UBB Siap Berlaga di ITS Surabaya

Pelepasan dua mobil ini menandai kesiapan FT mengikui lomba mobil hemat energi yang akan digelar di ITS, Surabaya, 7 - 11 November

Neo Mentilin Mobil Hemat Energi UBB Siap Berlaga di ITS Surabaya
ist/UBB
Warek II UBB Prof Dr Ir Agus Hartoko melepas ‘Neo Mentilin’ (mobil hemat energi) dan ‘Mentilin’ (mobil listrik) di jalan aspal halaman depan Fakultas Teknik UBB, Kamis (02/11/2017) pagi. Dua mobil karya mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UBB ini akan berlaga di even nasional, masing-masing di ITS dan Polban, Bandung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Rektor II UBB, Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc melepas mobil hemat energi  dan mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik (FT)  Jurusan Mesin UBB di halaman Fakultas Teknik UBB,  Balunijuk, Merawang, Kamis (02/11/2017).

Pelepasan dua mobil ini menandai kesiapan FT mengikui lomba mobil hemat energi yang akan digelar  di ITS, Surabaya, 7 - 11 November, dan lomba mobil listrik  di Polban, Bandung,  akhir bulan November 2017.

Pelepasan  mobil ini ditandai dengan  melesatnya Neo Mentilin  (nama untuk mobil hemat energi) dan Mentilin (nama mobil listrik) di jalan aspal  depan FT, yang disaksikan Prof Agus, Dekan FT Wahri Sunandar,  Wakil Dekan (Wadek)  I FT Yudiawan,  Ketua Prodi Teknik Mesin Rudiawan, para dosen dan mahasiswa FT.

Wadek I FT Yudiawan, di sela-sela acara  pelepasan,  mengatakan pihaknya tidak mematok target  yang muluk-muluk pada even lomba mobil hemat energi se Indonesia itu.  Katanya, pada even yang baru kali pertama ini digelar FT UBB menargetkan posisi sepuluh besar.

“Posisi sepuluh besar kami rasa sudah cukup memadai.  Ini  ‘kan even yang pertama kali digelar, sehingga  di samping kita harus bekerja keras,  kita juga memantau kelebihan dan kekurangan tim universitas lainnya,” ujar Yudiawan.

Lomba mobil hemat energi di ITS lanjutnya akan diikuti sekitar tujuh puluhan mobil dengan spesifikasi khusus  hemat bahan bakar dan emisi (gas buang) rendah.

“Mobil hemat energi kita, Neo Mentilin, dirancang sedemikian rupa sehingga mampu bersaing dengan mobil sejenis dari universitas lainnya.  Satu dari sekian kelebihan yang dimiliki Neo Mentilin adalah selain hemat energi, juga ramah lingkungan,” ujar Yudiawan.

Sementara itu ketika ditanya target mobil listrik FT UBB di even akhir bulan dengan tuan rumah Polban Bandung, Yudiawan memaparkan target yang hendak diraih adalah posisi bergengsi  lima besar.

“Kita sudah mengikuti even lomba mobil listrik ini  sejak tahun 2012.  Kita bahkan pernah meraih juara ke tiga untuk lomba tanjak pada tahun 2014.  Nah, tahun ini wajar kalau kita menargetkan posisi lima besar,” tukas Yudiawan.

Tim UBB untuk dua even bergengsi ini semuanya dikomandoi Rudiawan, Ketua Prodi Teknik Mesin.  Tercatat Aufar, mahasiswa semester III FT Mesin,  pengendara mobil hemat energi dan listrik  yang diandalkan untuk menaikan pamor UBB di tingkat nasional. (*)

Tags
ubb
Penulis: Dody
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help