Sekda Bangka Geram Ulah Penambangan Pasir Ilegal

Pak ketua DPRD minta agar itu ditertibkan. Dak kene-kene kami lah datang menertibkan, lah ditertibkan

Sekda Bangka Geram Ulah Penambangan Pasir Ilegal
bangkapos.com/Nurhayati
Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian didampingi Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Hendra Yunus dan Kabid Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman, saat menyetop penambanhan pasir, Rabu (1/11/2017) di Kawasan Bumi Perkemahan Eks Tambang 23 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sekda Bangka H Fery Insani geram melihat ulah penambangan pasir ilegal dan tambang inkonvensional rajuk yang diduga dikelola oknum aparat, di Kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Eks Tambang 23 Sungailiat di Lingkungan Tunas Kelapa Kelurahan Surya Timur Kecamatan Sungailiat.

Kondisi buper tersebut babak belur menyisakan lubang bekas galian pasir dan TI rajuk.  

Padahal aset seluas 25,5 hektar tersebut aset milik Pemkab Bangka yang sebelumnya sudah dihibah oleh PT Timah Tbk untuk dijadikan kawasan bumi perkemahan.

Para penambang tersebut dinilai telah merampas aset milik pemerintah yang seharusnya bisa dipidana dan diproses secara hukum.

"Pak ketua DPRD minta agar itu ditertibkan. Dak kene-kene kami lah datang menertibkan, lah ditertibkan Satpol pp sore lah buka lagi begitulah kejadiannya. Kami akan tertibkan lah rusak," sesal Fery saat dikonfirmasi bangkapos.com,  Sabtu (4/11/2017) di Kantor Bupati Bangka.

Menurutnya, jika buper tersebut aset milik Pemkab Bangka pihaknya wajib mengamankan aset milik daerah tersebut.

"Kemarin sudah ditertibkan bandel lagi. Dak mungkin kita menempatkan satpol pp di situ terus. Tapi kita minta mereka yang menambang segera angkat kaki dari sana," tegas Fery.

Dia mengaku tidak mengetahui penambangan pasir dan TI rajuk tersebut milik siapa.

Penambangan ini sudah berlangsung cukup lama dari informasi warga sekitar sudah sekitar satu tahun lebih.

Apalagi alat berat yang mengeruk pasir tersebut bekerja dari pagi, siang hingga malam.

"Sesulit apapun kita akan melakukan penertiban. Sudah berkali-kali kami datang mereka kabur datang lagi nambang. Namun tetap kita akan kita tertibkan," kata Fery.

Ia minta agar Satpol PP Kabupaten Bangka membuat portal di kawasan Bumi Perkemahan tersebut.

 "Kami akan buat portal di buper itu jangan sampai portal ini dirusak," tegas Fery seraya menelpon  Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved