Sekda Bangka Turunkan Full Tim Tertibkan Penambangan di Buper

Ditegaskan Sekda Bangka H Fery Insani, kawasan tersebut bukan kawasan pertambangan karena di Kecamatan Sungailiat sesuai

Sekda Bangka Turunkan Full Tim Tertibkan Penambangan di Buper
bangkapos/nurhayati
Fery Insani 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Penambangan pasir yang dikelola oknum TNI Fb dan TI rajuk di Kawasan Bumi Perkemahan Eks Tambang 23 Lingkungan Tunas Kelapa Kelurahan Surya Timur Kecamatan Sungailiat tidak mengantongi izin. 

Ditegaskan Sekda Bangka H Fery Insani, kawasan tersebut bukan kawasan pertambangan karena di Kecamatan Sungailiat sesuai Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) tidak mengakomodir tambang kecuali tambang yang sudah eksisting misalnya ada Kuasa Penambangan  PT Timah Tbk.

Selain itu juga harus ada izin penambangan yang dikeluarkan oleh Gubernur Babel. 

"Izin penambangan itu bukan hal yang mudah. Panjang urusannya. Kewenangan pertambangan tidak di kami. Bahasanya itu sebenarnya tidak boleh. Boleh menambang resmi, setiap orang, badan usaha itu boleh menambang resmi tetapi harus melalui prosedur," kata Fery saat dikonfirmasi bangkapos.com, Sabtu (4/11/2017) di Kantor Bupati Bangka.

Dijelaskannya, prosedur mengajukan permohonan kepada gubernur. Kemudian gubernur akan meminta rekomendasi bupati yang bersifat tentatif. 

"Bupati akan menelaah sesuai tata ruang. Tata ruangnya tidak dimungkinkan untuk penambangan di Sungailiat artinya kan tidak boleh sebetulnya. Jadi kalau mereka mengajukan izin tidak boleh ya sudah keluar sajalah pindah angkat dari situ," tegas Fery.

Untuk itu, Mantan Sekda Pangkalpinang ini akan segera melakukan penertiban dengan mengajak tim secara full guna menghentikan aktivitas penambangan pasir dan TI rajuk di Bumi Perkemahan tersebut.

"Kami akan tertibkan. Hentikan sekarang juga. Hari Senin saya ajak Pak Ketua DPRD dan semua kita turunkan tim full. Habis paripurna kita akan kesana. Hentikanlah itu," tandas Fery.

Diakuinya, selama ini bukan Pemkab Bangka tidak peduli atau membiarkan tetapi berkali-kali ditertibkan tidak pernah jera.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved