Hmmm, Makan Steam Boat dengan Sambel Rusip, Gimana ya Rasanya

Biasanya sambal yang ditambahkan saat memakan masakan yang dikenal dengan shabu-shabu ini adalah sambal

Hmmm, Makan Steam Boat dengan Sambel Rusip, Gimana ya Rasanya
Bangka Pos/Krisyanidayati
Mualim Azis menampilkan bahan masakan dan lima jenis sambel yang akan dimakan dengan steam boat, di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Minggu (5/11/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jika selama ini masyarakat Bangka memakan rusip dengan padanan lalapan, ternyata ikan fermentasi ini juga bisa dijadikan padanan untuk menu makanan steam boat loh.

Biasanya sambal yang ditambahkan saat memakan masakan yang dikenal dengan shabu-shabu ini adalah sambal Soyu yang terbuat dari campuran saos dan cabai yang diblender.

Ditangan Mualim Azis salah satu peserta cooking Competition dalam hari Listrik ke 72, dirinya mengkombinasikan steam boat dengan lima jenis sambal lokal yaitu sambal binjai, rusip, sambal duren, sambal ikan teri, dan sambel bacang.

"Selama ini kan sambal Soyu dari Jepang, nah ini saya coba dikombinasikan dengan sambel lokal kayak Binjai dan bacang ini punya aroma khas, sama rusip juga saya coba untuk jadi campuran dan ini enak coba saja nanti coba," kata Mualim ditemui Bangka Pos di Meja Peserta, Minggu (4/11/2017).

Ia mengatakan dirinya ingin mencoba memadukan makanan Asia ini dengan makanan lokal Babel.

Bahkan dirinya mendatangkan langsung beberapa bahan dari pulau Belitung.

"Bakso Ikan, tahu goreng dan kopi Duren yang akan saya sajikan ini didatangkan langsung dari Belitung," kata Chef di Kongdjie Cofee ini.

Dirinya juga memamerkan beberapa bahan yang digunakan dalam masakannya seperti rempah-rempah, sayur-sayuran, dan beberapa buah-buahan di mejanya yang sudah ditata diatas mejanya.

Sedangkan untuk minumannya, selain menyajikan air mineral dirinya juga menyiapkan kopi Duren.

Persiapannya matang sekali peserta satu ini, semoga menang ya mas....(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help