BangkaPos/

Benarkah Hantu Itu Ada, Ini Pendapat Fisikiawan

Apakah hantu itu bener-bener ada? Jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat berbeda-beda tergantung kamu ngeliatnya dari sisi apa.

Benarkah Hantu Itu Ada, Ini Pendapat Fisikiawan
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
THRILL HADIRKAN SERIAL BARU "THE EXORCIST" - Film horror klasik terseram kini hadir dalam bentuk serial televisi. Serial "The Exorcist" akan tayang perdana dan eksklusif di Indonesia mulai Kamis 16 Februari 2017 jam 21.00 WIB di saluran TV asia Thrill. Hantu dan Pendeta yang menyerupai di Film Horror The Exorcist itu mendatangi kantor Tribunnews.com, Jumat (10/2/2017) Jakarta. "The Exorcist" Dapat disaksikan di Indovision, Okevision, Orange TV, Aora TV, Yes TV, Transvision, UTV, Skynindo dan Matrix TV. TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO 

BANGKAPOS.COM- Apakah hantu itu bener-bener ada? Jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat berbeda-beda tergantung kamu ngeliatnya dari sisi apa.

Pendekatan yang digunakan juga bisa berpengaruh terhadap hasil jawaban yang mungkin kamu dapet. Salah satunya adalah pengalaman dan preferensi pribadi tentang hal ini.

Tapi ada sebuah temuan menarik yang dilakukan oleh seorang fisikiawan tentang hal gaib ini. Seorang fisikiawan bernama Brian Cox berpendapat kalo hantu itu sebenernya nggak ada!

Hal ini dia ungkapkan dalam podcast “The Infinite Monkey Cage” di BBC 4, acara yang secara khusus ngebahas tentang fenomena metafisika.

Menurut Cox, hantu itu nggak ada karena detektor paling ampuh sedunia, Large Hadron Collider (LHC), sampai kini nggak pernah mendeteksinya.

 
LHC sendiri adalah akselerator partikel terbesar yang terdiri dari magnet superkuat dan akselerator yang melemparkan partikel hingga bisa berinteraksi satu sama lain.

Dengan fungsinya tersebut, LHC seharusnya mampu ngeliat perilaku partikel. Dari situ ilmuwan bisa sedikit demi sedikit ngungkap misteri yang ada di alam semesta.

Proyek LHC ini juga telah berhasil mengkonfirmasi partikel Higgs Boson atau ‘Partikel Tuhan’. Menurut Cox, kalo hantu itu ada, seharusnya LHC juga bisa mengkonfirmasi keberadaannya.

Cox juga ngejelasin kalo hantu bener-bener ada, hantu "murni" akan terdiri dari energi, bukan materi.

Tapi, kalo tersusun dari energi, hantu seharusnya akan cepat hilang dan menjadi panas, Ini sesuai dengan Hukum II Termodinamika yang bilang kalo Total Entropi dalam sistem selalu meningkat.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help