Seribu Pohon Hijaukan Kebun Air Nyatoh

Saya cukup surprise dengan kondisi tetumbuhan di Kebun Percontohan ini. Pohon lada dan buah naganya tumbuh sangat baik.

Seribu Pohon Hijaukan Kebun Air Nyatoh
ist
Foto bersama program Hijaukan Negeri, Bersama Kita Bisa 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Masih dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda, PT TIMAH (Persero) Tbk melalui Unit Produksi Laut Bangka bersama sejumlah pemangku kepentingan di Kabupaten Bangka kembali melakukan giat penghijauan.

Dengan tagline "Hijaukan Negeri, Bersama Kita Bisa", kegiatan yang dipusatkan di Kebun Percontohan PT Timah di Air Nyatoh, Belinyu, Sabtu (4/11) tersebut diisi dengan penanaman sebanyak 1000 pohon cemara laut dan ketapang.

Hadir dalam giat ini Camat Belinyu Asli, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah, perwakilan Polsek Belinyu, Lanal AL, ormas, pelajar dan anggota pramuka.

Kepala UPLB, Azhar Ahmad melalui Kepala Hubungan Masyarakat PT Timah Anggi Siahaan mengatakan, meski berstatus sebagai bekas penambangan timah, sebuah lahan jika dikelola dengan baik lahan akan kembali subur, bahkan dapat memberikan dampak ekonomis yang cukup besar bagi pengelolanya.

"Di kebun percontohan ini, kita telah membuktikan bahwa tanaman produktif pun bisa tumbuh dengan baik. Begitu pula kolongnya, kita sudah beberapa kali panen lele dan nila di sini," kata Anggi.

Dikatakan Anggi, di tempat tersebut nantinya akan dikembangkan dengan penangkaran rusa serta penanaman jenis-jenis tanaman produktif lainnya.

"Kita ingin suatu saat tempat ini menjadi ikon penghijauan di lahan eks tambang.
Dan Perusahaan kami akan terus berkomitmen untuk melakukan giat penghijauan ini," ujar Anggi.

Camat Belinyu Asli terkesan dengan keberadaan Kebun Percontohan Air Nyatoh yang dikelola PT Timah.

"Saya cukup surprise dengan kondisi tetumbuhan di Kebun Percontohan ini. Pohon lada dan buah naganya tumbuh sangat baik. Ini artinya, lahan bekas penambangan juga bisa dikelola mrnjadi lahan produktif. Tinggal bagaimana kita memelihara dan menjaga apa yang telah kita tanam ini," ujat Camat.

Adapun dalam sambutannya, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah Sharli meminta agar unsur kepemudaan selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang konstruktif di lingkungan perusahaan dan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help