BangkaPos/

Kemendikbud Resmikan Kampung Literasi Atap Langit di Pangkalanbaru

Kegiatan Kampoeng Literasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yakni Gerakan Indonesia Membaca (GIM)

Kemendikbud Resmikan Kampung Literasi Atap Langit di Pangkalanbaru
Istimewa
Anak-anak befoto bersama di depan Kampoeng Literasi Ataplangit. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Selain menghadiri acara Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Bangka Tengah, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ir Harris Iskandar, PhD akan meresmikan Kampoeng Literasi Atap Langit Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru, hari ini Selasa (7/11/2017).

Kegiatan Kampoeng Literasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah yakni Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka ikut andil mensukseskan program pemerintah.

Puncak kegiatan melibatkan 6.666 masyarakat untuk mengkhatamkan Al-Qur'an dan Membaca terjemahan yang akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Air Mesu Timur Kabupaten Bangka Tengah.

Poni Auri, selaku founder Kampoeng Literasi Atap Langit Desa Air Mesu Timur menuturkan Kampoeng Literasi ini harus mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Karena membaca merupakan salah satu kunci membuka jendela dunia, mendekatkan diri dengan buku merupakan salah satu sumber informasi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Kedepan, Kampoeng Literasi ini menjadi tempat penyelenggaraan beragam aksi literasi masyarakat, dengan difasilitasi berbagai bahan bacaan yang konstektual, sekaligus terbuka diharapkan mampu merangsang sekaligus memfungsikan hasil bacaan.

Sehingga bisa bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan mengutamakan 6 komponen kegiatan literasi ini (Literasi baca tulis, Literasi Berhitung, Literasi Sains, Literasi Teknologi Informasi dan komunikasi, Literasi Keuangan, Literasi budaya dan kewarganegaraan).

"Melalui komponen ini akan lahir dan tumbuh simpul-simpul masyarakat yang literat, agar kegiatan di masyarakat terus berdenyut dan berkelanjutan, karena literasi adalah poros pendidikan sepanjang hayat," ungkap Poni Auri.

Peresmian Kampoeng Literasi ini dijadwalkan jam 09.00 WIB, rombongan Dirjen bertolak dari Jakarta dan tiba di Bandara Depati Amir Bangka Tengah, yang juga akan didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR H Erzaldi Rosman dan Bupati Kabupaten Bangka Tengah Ir H Ibnu Saleh MM beserta unsur muspida lainnya. (*)

Penulis: Evan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help