BangkaPos/

Jokowi Pesan Makanan Khas Solo untuk Pesta Pernikahan Kahiyang

Keistimewaan lain cabuk rambak Yu Temu tentu saja terletak pada cabuknya.

Jokowi Pesan Makanan Khas Solo untuk Pesta Pernikahan Kahiyang
Intisari
Cabuk rambak khas Solo 

BANGKAPOS.COM -- Solo bisa dikatakan sebagai gudangnya  makanan unik yang hanya bisa ditemui di sini, tak akan ditemui di kota lain.

Contohnya, cabuk rambak. Sama seperti brambang asem, makanan ini juga sederhana sekali, baik dari segi bahan, cara penyajian, maupun cara makannya.

Meskipun banyak orang menyukainya, makanan asli Solo ini sangat sulit dijumpai. Tidak ada satu pun restoran atau rumah makan di Solo yang memiliki menu makanan ini.

Baca: Bobby Bawa Seserahan Untuk Kahiyang Ayu, Ini Isinya

Cabuk rambuk biasanya dijual mbok-mbok secara berkeliling. Tentu saja wisatawan atau orang luar Solo akan kesulitan menemukannya.

Jika Anda penasaran dengan makanan ini, silakan datang ke kawasan Manahan. Di utara Stadion  Manahan, tempat para pedagang kaki lima mangkal, setiap pagi hari pukul 06.00 - 11.00 sedikitnya ada dua penjual cabuk rambak. Salah satunya yang kondang adalah Yu Temu.

Di malam hari, cabuk rambak Yu Temu bisa dijumpai di pusat kuliner Gladag Langen Bogan.

Cabuk rambak itu sebenarnya makanan yang dulu hanya ditemui di dalam istana. Itu pun pada saat-saat tertentu sebagai bagian dari persyaratan upacara ritual seperti siraman calon pengantin.

Baca: Jokowi Lega Melepas Anak Putri Satu-satunya

Yu Temu mulai berjualan cabuk rambak sekitar 20 tahun silam. Keluarga Yu Temu, sejak aimarhum neneknya, memang banyak yang berjualan cabuk rambak.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help