BangkaPos/

Inilah Penyebab Depati Amir Gagal Dua Kali Jadi Pahlawan Nasional

Ahmad Elvian mengatakan kegagalan itu terkait kajian kiprah Depati Amir selama masa perjuangan yang belum mendalam dan komprehensif.

Inilah Penyebab Depati Amir Gagal Dua Kali Jadi Pahlawan Nasional
Sketsa Depati Amir 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gelar Pahlawan Nasional membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya itu untuk berbagai tahapan seperti kajian ekonomi dan historis sebelum pengajuan gelar tersebut. Dan Babel sudah dua kali gagal mengajukan gelar pahlawan nasional yang disebut akibat kekurangan dana.

Demikian disampaikan Sekretaris Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) sekaligus Budayawan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Elvian saat berbincang dengan Bangka Pos, Kamis (9/11/2017).

Dia mengaku mendapat pengalaman dari daerah lain yang berhasil mengusulkan gelar pahlawan nasional.

Menurutnya, daerah itu menghabiskan dana Rp 2 miliar hingga Rp 2,5 miliar dari APBD.

“Sementara kita sponsornya terbatas oleh PT.Timah saja. Ini artinya kita lalai memperhatikan usulan kepahlawanan nasional," kata Ahmad Elvian.

Dia menyebut Babel mengusulkan Depati Amir untuk mendapat gelar pahwalan nasional pada 2004 dan 2007.

Namun dua pengusulan itu tidak membuahkan hasil. Ahmad Elvian mengatakan kegagalan itu terkait kajian kiprah Depati Amir selama masa perjuangan yang belum mendalam dan komprehensif.

"Tim pengkaji dan peneliti tak cukup hanya modal semangat tanpa ada support dari Pemerintah Daerah Provinsi. Harusnya pemerintah membiayai dari APBD," ujarnya.

Meski begitu, Ahmad Elvian menyebut secara De Facto, Depati Amir diakui masyarakat sebagai pahlawan. Dan hingga 10 tahun berlalu, Babel belum ada lagi mengajukan gelar pahwalan nasional.

Serupa disampaikan Ali Usman, yang termasuk TP2GD Babel, saat dihubungi terpisah. Dia mengatakan keputusan bersama TP2GD pada tahun tahun ini belum ada nama yang diajukan untuk mendapat gelar pahwalawan nasional.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help