BangkaPos/

UPT Pelempang Tempat Belajarnya Para Petani Babel

Setiap hari itu minimal 30 petani akan pelatihan apa saja yang intinya yang didorong pemprov seperti Lada, Durian, Jagung, Peternakan

UPT Pelempang Tempat Belajarnya Para Petani Babel
Bangka Pos/Krisyanidayati
Gubernur Babel Erzaldi Rosman menanam jagung dengan menggunakan mesin penanam jagung, di UPT Pelempang, Jum'at (10/11). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan UPT Balai Benih/bibit di Desa Pelempang kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka akan dijadikan balai pelatihan bagi petani dan peternak di Babel.

Erzaldi mengatakan minimal dalam satu hari harus ada 30 petani yang berlatih di balai benih untuk meningkatkan kemampuannya.

Menurutnya, pihaknya akan menyiapkan tranportasi bagi petani untuk mengikuti pelatihan.

"Kedepan UPT ini tiada hari tanpa latihan kecuali sabtu minggu, kami akan siapkan bus dari CSR itu akan kami kasih ke UPT ini kita akan biayai bahan bakarnya untuk menjemput petani yang akan latihan," katanya usai meninjau UPT, Jum'at (10/11).

Lanjutnya, para petani akan langsung mempraktikkan teknik yang diajarkan baik untuk pertanian maupun perkebunan, sehingga bisa diterapkan di lahan petani dan diharapkan dapat mengoptimalkan hasil pertanian maupun peternakan.

"Setiap hari itu minimal 30 petani akan pelatihan apa saja yang intinya yang didorong pemprov seperti Lada, Durian, Jagung, Peternakan Sapi, Ayam Merawang, Ayam Arab," katanya.

Erzaldi menilai saat ini petani di Babel sudah cukup paham namun masih perlu dibina, sehingga semakin bertambah pengetahuan dan wawasannya terutama pertanian dengan teknologi modern.

"Kita punya banyak keanekaragam jenis baik binatang maupun komoditi ini, petani kita juga sudah banyak yang kreatif seperti membuat pupuk sendiri tapi ini perlu dibina dan dikembangkan," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help