BangkaPos/

Wajib Tahu! 12 Fakta Tentang Pahlawan Indonesia di Uang Rupiah Baru Biar Enggak Asal Komentar

Ada 12 sosok pahlawan Indonesia yang diabadikan ke dalam mata uang terbaru Republik Indonesia. Mungkin kita sudah sering menemukan

Wajib Tahu! 12 Fakta Tentang Pahlawan Indonesia di Uang Rupiah Baru Biar Enggak Asal Komentar
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Warga antre menukarkan uang NKRI pecahan baru di mobile konter Bank Indonesia di Blok M, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia (BI) hari ini meluncurkan 11 uang rupiah Emisi 2016 dengan gambar pahlawan baru. Peluncuran uang rupiah baru ini dilakukan? langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

BANGKAPOS.COM -- Ada 12 sosok pahlawan Indonesia yang diabadikan ke dalam mata uang terbaru Republik Indonesia. Mungkin kita sudah sering menemukan nama-nama pahlawan ini di buku sejarah, tapi mungkin ada beberapa pahlawan yang belum kita ketahui jasanya.

Akhir-akhir ini, ada beberapa pahlawan yang menuai komentar di media sosial. Sayangnya, komentar tersebut berbau negatif dan seakan-akan tidak menghargai jasa mereka dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Yuk, cari tahu lebih banyak soal sosok pahlawan yang sangat berjasa ini. Berikut 12 fakta tentang pahlawan Indonesia di uang rupiah baru biar enggak asal komen di media sosial.

Soekarno – Hatta di Pecahan Rp 100.000

Sosok Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia ini tentunya sudah sangat kita kenal. Kedua sosok ini merupakan pejuang yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sehingga akhirnya disebut sebagai Bapak Proklamator.

Soekarno sendiri merupakan sosok yang pertama kali mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Bahkan, beliaulah yang memberi nama Pancasila tersebut.

Bersama-sama mereka menjalankan pemerintahan Indonesia di masa-masa awal kemerdekaan dan kita tahu sendiri kalau masa tersebut masih belum stabil dan banyak mendapat tekanan.

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja di pecahan Rp 50.000

undefined
Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Sosok pahlawan nasional ini pernah memimpin para pemuda mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang setelah Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 28 September 1945.

Enggak hanya itu, beliau juga mengambil alih Jawatan Pertambangan, kotapraja, karesidenan, dan obyek-obyek militer di Utara Bandung. Atas jasanya ini, beliau kemudian ditunjuk sebagai Kepala Jawatan Kereta Api wilayah Jawa dan Madura.

Halaman
1234
Editor: teddymalaka
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help