Konsep Hotel Syariah di Jakarta Islamic Center Sudah Sejak 2005

Pemprov DKI Jakarta berencana mengembangkan destinasi wisata halal di Jakarta. Salah satunya dengan mengembangkan hotel syariah.

Konsep Hotel Syariah di Jakarta Islamic Center Sudah Sejak 2005
(Kompas.com/David Oliver Purba)
Gedung hotel berkonsep syariah di Jakarta Islamic center telah dikonsep sejak 2005.. Bangunan tersebut berlantai 11 dan memiliki 153 kamar. Terdapat dua kolam renang yang berada di lantai 11, Jumat (10/11/2017) 

BANGKAPOS.COM--Pemprov DKI Jakarta berencana mengembangkan destinasi wisata halal di Jakarta. Salah satunya dengan mengembangkan hotel syariah.

Pemprov DKI melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Tourisindo berencana merealisasikan hal itu dengan memilih wilayah Jakarta Utara sebagai percontohan.

Sebuah gedung yang saat ini dijadikan sebagai tempat pendidikan dan latihan (diklat) di kawasan Jakarta Islamic Center (JIC) akan dijadikan hotel syariah.

Kepala Sub Divisi Penyiaran Infokom Jakarta Islamic Center, Paimun A Karim mengatakan, konsep hotel syariah di JIC sebenarnya telah terbentuk sejak 2005.

Paimun menjelaskan, pada awal 2001 atau saat hendak membangun JIC, mantan wakil Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2002 yang juga merupakan kepala BP JIC Djailani membantu membuat konsep masterplan pembangunan JIC.

Ada tiga konsep yang hendak diterapkan di JIC, yaitu unsur spiritual dengan membangun masjid, pendidikan dengan membangun gedung pendidikan dan latihan, serta pusat bisnis dengan konsep awal membangun wisma, convention hall, dan gedung perkantoran.

Namun, kata Paimun, Djailani saat itu menilai bahwa membangun wisma tidak akan bisa membantu pemasukan untuk pembiayaan JIC.

Baca: Defisit Keuangan, BPJS Akan Tinjau Ulang Klaim Operasi Sesar

Setelah berdiskusi cukup panjang, diputuskan untuk mengganti pembangunan wisma berlantai tiga dengan membangun hotel berkonsep syariah berlantai 11.

Pada 2005, desain ulang pembangunan JIC, khususnya hotel syariah, diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta kala itu Sutiyoso.

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved