BangkaPos/

Kapal Nelayan Belitung Masih Banyak Belum Miliki Dokumen Lengkap

dari 600 lebih kapal penangkap ikan yang ada di Belitung, yang memiliki dokumen lengkap baru 314 kapal.

Kapal Nelayan Belitung Masih Banyak Belum Miliki Dokumen Lengkap
bangkapos.com/Zulkodri
Ratusan perahu nelayan yang berjejer rapi berlabuh di Pelabuhan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Senin (13/11/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Kepala Seksi Syahbandar Belitung, Darmono mengatakan dari 600 lebih kapal penangkap ikan yang ada di Belitung, yang memiliki dokumen lengkap baru 314 kapal.

"Kapal penangkap ikan di Belitung yang sudah memiliki dokumen lengkap baru 314 kapal, rata-rata 10 GT, sedangkan diatas 10 GT ada dua kapal, sisanya kapal pengangkut ada 15 kapal. Sedangkan lainnya belum memiliki dokumen lengkap. Diperkirakan ada 600 lebih kapal di Belitung," ujarnya kepada bangkapos.com, Senin (13/11/2017).

Diakui Darmono pihaknya juga tidak tau kenapa kapal yang belum memiliki dokumen lengkap terkesan malas mengurusi dokumen. Namun pihaknya terus melakukan sosialisasi.

"Seperti kartu nelayan, seharusnya mereka buat, tidak hanya ABK saja, pemilik kapal juga harus buat. Bukan hanya KTP saja, dan mengaku nelayan. Itu sulit bagaimana mau dapat bantuan identitas ngak jelas. Kami tetap sosialisasi. Jadi kalau ada apa-apa tanggung sendiri resikonya. Kalau kartu nelayan ini, dinas kelautan yang punya wewenang," ucapnya.

Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help